Jaga Independensi, Ketua SMSI Tubaba Minta Anggotanya yang Jadi Bacaleg Segera Cuti

1,306 views

TUBABA- Untuk menjaga independensi dan marwah organisasi Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) yang berada di kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), ketua SMSI setempat, Mukaddam meminta anggotanya yang maju mencalonkan diri sebagai bakal calon legislatif (bacaleg) untuk segera mengajukan surat pengunduran diri sementara (nonaktif) sebagai penggurus maupun anggota.

Hal tersebut disampaikan Mukaddam saat memimpin rapat internal yang diselenggarakan di kantor SMSI kabupaten Tulang Bawang Barat, yang berada di kelurahan Panaragan Jaya, Senin (16/10/2023)

“Untuk menjaga marwah dan independen organisasi perusahaan media yang tergabung di SMSI, saya meminta dengan tegas bagi anggota dan penggurus organisasi yang terdaftar sebagai bacaleg agar dapat segera mengajukan surat pengunduran diri ataupun nonaktif secara resmi,” ujar Mukaddam.

“Itu semua bertujuan untuk kemajuan kita bersama, karena wartawan dan perusahan media harus tetap berpegang teguh pada prinsip dan kaidah independensinya sebagai wartawan. Bersifat netral dan tidak memihak pada kepentingan ataupun kelompok politik tertentu,”

Ia menambahkan meskipun dalam peraturan KPU (perKPU), Bawaslu, dan Dewan Pers belum ada pasal ataupun aturan maupun regulasi yang mengatur tentang hal itu. Namun wartawan yang aktif bekerja dibawah naungan perusahan pers harus bersifat independent. Hal itu juga tertuang pada salah satu kode etik jurnalistik. Itulah yang menjadi dasarnya harus netral.

Selain menerima pengajuan cuti salah satu anggotanya yang terdaftar sebagai bacaleg, yaitu Muhammad Rozi merupakan bacaleg dari partai Golkar nomor urut 2 daerah pemilihan (dapil) 2 yang meliputi kecamatan Tumijajar dan Tulang Bawang Udik, rapat tersebut juga membahas tentang pemilihan plt sekretaris SMSI Tubaba, juga Penyusunan program organisasi.

Ini dilakukan lantaran sang sekretaris Ferkidiansyah berstatus sebagai bacaleg.

BACA JUGA :   Kejari Oku Selatan Unjuk Gigi! 2 Orang Ditetapkan jadi Tersangka Dugaan Korupsi Pengadaan Alat Pencegahan Covid-19

Ya, ada delapan anggota dan penggurus SMSI Tubaba yang saat ini terdaftar sebagai bacaleg yaitu :

1. Muhammad Rozi (Partai Golkar dapil 2 nomer urut 2 kecamatan Tumijajar dan Tulang Bawang Udik)
2. Ferki Diansyah (PKB dapil 1 kecamatan Tulang Bawang Tengah nomor urut 5)
3. Sayuti (Parindo dapil 3 kecamatan Lambu Kibang, Pagar Dewa, dan Gunung Terang nomor urut 2)
4. Ari Irawan (PDIP dapil 3 kecamatan Pagar Dewa, Lambu Kibang, Gunung Terang nomor urut 4)
5. Suwardi (PAN dapil 2 kecamatan Tumijajar dan Tulang Bawang Udik nomor urut 8)
6. Jazuli (Golkar dapil 3 kecamatan Lambu Kibang, Pagar Dewa, dan Gunung Terang nomor urut 5)
7. Jasudin (Golkar dapil 2 kecamatan Tumijajar dan Tulang Bawang Udik nomor urut 8)
8. Erduan (Hanura dapil 1 kecamatan Tulang Bawang Tengah nomor urut 1).

Sementara itu untuk pelaksana tugas (plt) sekretaris dijabat oleh Eka Saputra dengan wakilnya Erwansyah. Kemudian untuk jabatan ketua, bendahara, dan anggota yang lainnya tidak ada perubahan.

Mukaddam berharap seluruh penggurus dan anggota untuk dapat bekerja secara aktif dalam memaksimalkan kinerja. Dapat menghidupkan mesin organisasi, sehingga SMSI Tubaba dapat benar- benar menjadi salah satu pilar ke- 4 demokrasi. (erw)