Klub Selam Anemon FMIPA Unila Bersama Tim Kibarkan Bendera Merah Putih di Bawah Laut

367 views

Bandar Lampung – Klub Selam Anemon Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Lampung (Unila) bersama Forum Penyelam Mahasiswa Indonesia Wilayah Barat akan mengibarkan Bendera Merah Putih di bawah laut dan transplantasi terumbu karang, dalam rangka memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kegiatan akan dilangsungkan di Dusun Kalangan, Desa Pulau Pahawang, Kabupaten Pesawaran Lampung, pada 16-18 Agustus 2022. Selain klub selam, peserta berasal dari divisi selam Mapala, mahasiswa penyelam, mahasiswa dan pelajar, instansi pemerintah, swasta, serta masyarakat.

Kegiatan juga bekerja sama dan didukung berbagai pihak di antaranya Universitas Lampung, Pangkalan TNI Angkatan Laut Lampung, Polairud Polda Lampung, Brigif 4 Marinir Lampung, Brimob Polda Lampung, instansi pemerintah daerah dan Provinsi Lampung, media partner daerah maupun nasional, serta pihak swasta dan individu lainnya.

Peserta yang akan terlibat dalam kegiatan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di Bawah Laut berjumlah 45 penyelam yang berasal dari klub selam yang ada di wilayah Indonesia Barat bersama masyarakat dan TNI/POLRI.

Kegiatan dilakukan guna mewujudkan semangat nasionalisme dalam wujud cinta bahari. Selain mengibarkan bendera, tim penyelam akan melaksanakan aksi bersih laut dan pantai, pemeriksaan kesehatan gratis untuk masyarakat, kelas cinta bahari bagi siswa-siswi SD-SMP, serta pengenalan selam konservasi untuk para kader muda konservasi di Dusun Kalangan.

Klub Senam Anemon menjadi salah satu UKM wadah mahasiswa untuk mengembangkan minat dan bakat di bidang olahraga selam ditunjang kemampuan melakukan observasi dan penelitian secara ilmiah sehingga kelak dapat membantu mahasiswa untuk keperluan penelitian, skripsi, maupun konservasi alam, khususnya di bidang kelautan.

Diharapkan kegiatan tersebut dapat meningkatkan rasa nasionalisme dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia serta mampu menyatukan semua elemen masyarakat guna memajukan kegiatan pariwisata bahari sekaligus menjaga kelestarian alam, khususnya potensi sumber daya alam kelautan di Bumi Ruwa Jurai.

BACA JUGA :   Jurusan Teknik Elektro Unila Gelar Workshop Kurikulum OBE

Panitia pelaksana juga memiliki kegiatan menarik yang bisa diikuti masyarakat peduli konservasi alam yaitu kegiatan adopsi baby coral untuk transplantasi terumbu karang. Adapun beberapa pilihan paket donasi yaitu paket Rp50.000 berupa 1 buah baby coral, label nama, dan dokumentasi, serta paket Rp800.000 berupa 18 buah baby coral, 1 buah media web spider, label nama, dan dokumentasi.

Uang donasi sudah termasuk label nama donatur/institusi, e-sertifikat, dan foto transplantasi baby coral dengan label nama. Jika ada masyarakat, perusahaan atau institusi yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan ini bisa menghubungi Pengurus Klub Selam Anemon Abdul Aziz (0813 6860 6348), Adrian Reza (0811 491 5384), atau via Instagram @anemondc. (*)