Lakukan Monev di Tiyuh Mulya Kencana, Nazarudin : Secara Umum Semuanya Cukup Baik

1,459 views

Tulang Bawang Barat – Lakukan monitoring evaluasi (monev) di tiyuh (desa) Mulya Kencana, kecamatan Tulang Bawang Tengah, kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), pihak pemerintah kecamatan melakukan croscek turun langsung di lapangan pada Kamis, 13/06/2024.

Kegiatan monev dari pihak kecamatan Tulang Bawang Tengah itu, yang diketuai oleh camat Achmad Nazarudin, S.I.P., M.I.P. beserta timnya untuk melakukan peninjauan langsung realisasi Dana Desa (DD) tahap 1 tahun 2024. Camat Tulang Bawang Tengah, Acmad Nazarudin, S.I.P., M.I.P. menjelaskan monev yang dilakukan pihaknya pada setiap tahapan bertujuan untuk memastikan berjalannya semua program tiyuh yang ada dikecamatannya.

Menurutnya dari hasil tim melakukan monev dengan turun langsung di lokasi, semuanya cukup baik. Namun ada beberapa catatan yang perlu dibenahi dan diperbaiki baik secara administratif, program pemberdayaan masyarakat berupa kandang, kolam, kebun, dan wisata (K3W), maupun pembangunan secara fisik yang semuanya bersumber dari DD.

“Ya pada hari ini kami telah melakukan monitoring evaluasi (monev), di dua tiyuh. Yaitu tiyuh Mulya Jaya, dan tiyuh Mulya Kencana ini. Secara terperinci pada setiap pekerjaan yang telah dikerjakan oleh pihak tiyuh khususnya di tiyuh Mulya Kencana ini secara umum semuanya cukup baik”

“Ada beberapa catatan yang memang perlu diperbaiki berupa admistrasi gambar pada setiap kegiatan, kelengkapan SPJ kegiatan, realisasi Jalan Usaha Tani (JUT) “ujar camat Achmad Nazarudin, S.I.P., M.I.P.

Acmad Nazarudin, S.I.P, M.I.P. berharap agar pemerintah tiyuh dapat bekerja secara baik dan maksimal terhadap pengelolaan dan realisasi Dana Desa (DD). Tujuannya agar dikemudian hari tidak menimbulkan persoalan dikemudian hari. Baik dari penggarannya, maupun realisasinya.

Sebelumnya dijelaskan sekretaris camat Tulang Bawang Tengah, Samsul Hadi, S.H. mewakili camatnya menjelaskan pihaknya melakukan kegiatan monev tersebut sejak pekan lalu. Dan akan dilakukan secara bertahap hingga usai.

BACA JUGA :   Firsada Tinjau Kesiapan Lokasi Rapat Pleno Tingkat Kabupaten

“Kami melakukan monev dalam sehari 2 tiyuh pak, adapun beberapa tiyuh yang telah selesai kami kunjungi yaitu tiyuh Panaragan, Panaragan Jaya Indah (PJI), Panaragan Jaya Utama (PJU), Penumangan, Penumangan Baru, Tirta Kencana, Tirta Makmur. Dan pada hari ini Mulya Jaya, serta Mulya Kencana “ujarnya sekcam Samsul Hadi, S.H.

Sementara itu, kepala tiyuh Mulya Kencana Suyanta di ruang kerjanya menjelaskan dirinya atas nama pemerintah tiyuh akan segera melengkapi apa yang menjadi catatan kekurangan yang perlu dilengkapi. Baik secara administratif maupun realisasi secara fisik. Dirinya juga menjelaskan bahwa telah mengisi pernyataan kesangupannya untuk melengkapi kekurangan yang ada.

“Kami telah merealisasikan berbagai program pak, baik untuk ketahanan pangan maupun kegiatan pembangunan fisik yang bersumber dari DD tahap 1 tahun 2024. Berupa pembelian hewan ternak kambing untuk masyarakat sebayak 17 ekor, pembagian bibit tanaman sayuran, bibit ikan, kolam, dan berbagai bentuk realisasi lainnya yang bersumber dari DD “pungkasnya Suyanta. (Erw)