Diskominfo Kota Metro Sukses Gelar Lomba Cerdas Cermat

1,252 views

Kota Metro – Pemerintah Kota Metro melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Metro sukses menggelar kegiatan Lomba Cerdas Cermat (LCC) Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Tingkat Kota Metro Tahun 2024 yang dilaksanakan di Pelataran Rumah Asisten Wedana, Rabu (12/06/2024).

Walikota Metro yang diwakili Wakil Wali Kota Metro, Qomaru Zaman berharap melalui kegiatan ini, masyarakat diberikan edukasi terkait tanggung jawab dalam memberikan kontribusi positif kepada Kota Metro dengan cara-cara yang berbasis pengetahuan, serta kritik yang berdasarkan data dan analisis yang mendalam.

“Masyarakat harus diedukasi guna memberikan warna kota ini, cara mengkritiknya juga berpendidikan bukan hanya sekedar mengkritik, berikan alasan, dan diharapakan juga mampu memberikan solusi,” ujarnya

Kedepan, dirinya juga berharap kegiatan-kegiatan yang dilakukan bukan hanya berfokus pada bidang hukum dan infrastruktur, sehingga dapat menciptakan masyarakat-masyarakat yang lebih holistik dan seimbang.

“Bapak-ibu yang saya hormati, mungkin ini yang pertama untuk kegiatan cerdas cermat, berikutnya akan ada kegiatan yang berfokus pada penguatan-penguatan aspek lainnya. Tidak hanya berbicara tentang hukum, pertanian, infrastruktur dan sebagainya, tetapi juga bicara tentang tema-tema tentang keluarga, ” tuturnya

Qomaru Zaman juga mengapresiasi kepada seluruh pihak terkait atas terlaksananya kegiatan Lomba Cerdas Cermat KIM tingkat Kota Metro sehingga dapat berjalan dengan baik.

“Saya mengapresiasi momentum ini, bahwasannya masyarakat harus disadarkan, diingatkan kembali. Masyarakat adalah bagian dari Pemerintah Kota Metro yang juga bisa menikmati hasil-hasil pembangunan dengan baik, ” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Metro, Subehi, melaporkan dasar dari kegiatan Lomba Cerdas Cermat KIM tingkat Kota Metro sesuai dengan Permenkominfo No. 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Konkuren Bidang Komunikasi dan Informatika.

BACA JUGA :   Jelang PON XX di Papua, PLN Perkuat Keandalan Listrik

Di dalam peraturan tersebut, menyebutkan bahwa dinas juga melaksanakan kemitraan dengan pemangku kepentingan, salah satunya adalah Komunitas Informasi Masyarakat seperti yang tertuang dalam Pasal-pasal 16 ayat (2) huruf a.

Tujuan dari kegiatan lomba yang dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota Metro ke-87 adalah pemberdayaan masyarakat dalam memilih dan memilah informasi serta mewujudkan jaringan informasi serta media komunikasi dua arah antara masyarakat dengan pemerintah.

“Peserta lomba terdiri dari perwakilan yang ada di 5 kecamatan dengan masing-masing kecamatan mengirimkan 3 orang peserta dan 20 orang suporter, sehingga total peserta mencapai 115 orang, ” paparnya.

Peserta KIM merupakan perwakilan dari kelompok-kelompok yang ada di kecamatan yang terdiri dari Karang Taruna, Kelompok Tani, KWT, RT/RW, IKM/UMKM, dan Kelompok Seni.

“Harapannya dengan adanya lomba ini dapat menjadi jalan penghubung antara pemerintah dan masyarakat, serta dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam diseminasi informasi serta mempererat hubungan antara masyarakat dan pemerintah Kota Metro,” pungkasnya.

Di penghujung acara telah diumumkan pemenang lomba yel-yel, untuk juara 1 oleh Kecamatan Metro Selatan, sedangkan juara 2 dimenangkan oleh Metro Pusat dan juara 3 dari Metro Utara. Kemudian untuk kategori lomba kostum dimenangkan Metro Utara sebagai juara 1, Metro Selatan juara 2 dan Metro Timur sebagai juara 3.(*)