Hasil Survei Y- Publica, Prabowo – Gibran Menangi Pilpres 2024 Satu Putaran

2,140 views

JAKARTA- Survei Y-Publica keluarka hasil jajak pendapat. Hasilnya, Pasangan Prabowo Subianto – Gibran Rakanuming Raka bakal memenangka Pilihan Presiden (Pilpres) 2024 dengan satu putaran.

Y- Publica mencatat, paslon nomor 2 ini memenangi pertarungan dengan perolehan suara mencapai 50,2 persen.

“Pasangan Prabowo-Gibran bakal memenangi Pilpres 2024 yang kemungkinan akan berlangsung hanya dalam satu putaran,” kata Direktur Eksekutif Y-Publica Rudi Hartono dikutip dari Antara, Jumat (1/12/23).

Sementara itu, pasangan Pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md meraih 23,4 persen, sedangkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 17,9 persen, dan sisanya sebanyak 8,5 persen tidak tahu/tidak menjawab.

Menurut Rudi, terjadi lonjakan signifikan elektabilitas Prabowo ketika dipasangkan dengan putra sulung Presiden RI Joko Widodo yang masih menjabat Wali Kota Surakarta. Pada survei bulan Agustus dengan simulasi banyak nama, elektabilitas Prabowo masih berkisar 30 persen.

Setelah keluarnya putusan Mahkamah Konstitusi yang membolehkan kepala daerah berusia kurang dari 40 tahun untuk maju pada Pilpres 2024, Gibran dapat melaju dalam kontestasi pilpres dan mendongkrak elektabilitas pasangan calon nomor urut 2 tersebut.

“Masuknya Gibran ke dalam gelanggang pilpres makin memberikan dorongan kuat bagi Prabowo, sebagai bentuk dukungan kuat Jokowi kepada mantan rival dua kali pilpres yang kini menjadi sekutu kuat dalam pemerintahan,” ucap Rudi. (ant/dim)

BACA JUGA :   Kasat Pol PP Lampung Terima Penghargaan atas Penilaian Keberhasilan Penyelenggaraan Trantibum dan Linmas