Diikuti 8 Negara, FSIP Teknokrat Sukses Gelar Konferensi Internasional

1,202 views

BANDAR LAMPUNG- Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan (FSIP) Universitas Teknokrat Indonesia sukses menggelar The 3rd International Conference on Language, Linguistics, Literature, and Education (ICLLLE) 2023.

Konferensi dengan tema Digital Transformation of Learning and Research on Language, Linguistics, Literature, and Education. Kegiatan yang diadakan pada Selasa dan Rabu, 3 dan 4 Oktober 2023 diselenggarakan secara online.

Peserta konferensi hadir melalui video konferensi untuk berpartisipasi dalam berbagai sesi presentasi, diskusi panel, dan lokakarya.

Adapun partisipan sebanyak 250 peserta yang berasal dari beberapa negara, yaitu: United Kingdom, Rusia, Nigeria, Jordania, Malaysia, Filipina, Vietnam, dan Indonesia.

Konferensi ini bertujuan untuk menjadi forum perkembangan terkini dalam riset di bidang bahasa, linguistik, sastra, dan pendidikan. ICLLLE 2023 mengusung tema dampak transformasi digital dalam bidang bahasa, pengajaran, kurikulum, dan penelitian di berbagai disiplin ilmu.

Ketua Pelaksana konferensi, Dr. E. Ngestirosa E.W.K., M.A. mengkonfirmasi bahwa luaran dari konferensi tersebut adalah publikasi baik pada prosiding maupun jurnal, adapun luaran publikasi terdiri dari tiga pilihan yaitu jurnal, International ISBN Prosiding dan Atlantis Press Prosiding. yang merupakan prosiding internasional yang bereputasi.

Keynote Speaker adalah Prof Hilary Nesi, Ph.D. (Conventry University, UK) dan plenary speakers sebagai berikut:

1. Prof. Dr. Arvin Andacao (Davao Oriental State College of Science and Technology (DOSCST);

2. Dr. Pham Vu Phi Ho (Van Lang University);

3. Dr. Afrianto, M.Hum. (Universitas Teknokrat Indonesia);

4. Prof. Dr. Tatang Herman (Universitas Pendidikan Indonesia), dan

5. Dr. Susi Yuliawati M.Hum. (Universitas Padjadjaran).

Acara dibuka oleh Rektor Universitas Teknokrat Indonesia yang diwakili oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Achmad Yudi Wahyudin, M.Pd. Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Keynote speaker dan plenary speakers serta dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab.

BACA JUGA :   KDEKS Upayakan Percepatan dan Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah di Lampung

Berbagai pembicara ternama dari berbagai negara membagikan wawasan dan penelitian terbaru mereka dalam sesi-sesi yang diselenggarakan selama konferensi.

Topik-topik yang dibahas termasuk pengembangan kurikulum digital, literasi digital dan ilmu informasi, postcolonial literature , dan transformasi literasi digital menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI).

Selain itu, konferensi ini juga menjadi platform untuk para peneliti dan mahasiswa untuk mempresentasikan penelitian mereka. Ini memberikan kesempatan berharga bagi generasi mendatang untuk berbagi ide dan berkontribusi pada pemikiran ilmiah yang berkembang.

Rektor Universitas Teknokrat Indonesia, DR. HM. Nasrullah Yusuf, SE., MBA. menyatakan kebanggaannya atas kesuksesan konferensi ini.

“ICLLLE 2023 merupakan wadah penting bagi para akademisi dan praktisi untuk berbagi pemahaman mereka tentang perubahan signifikan yang terjadi di dunia pendidikan dan penelitian. Ini adalah langkah nyata menuju pengembangan pendidikan yang lebih baik di era digital,” kata Rektor.

Dr. Mahathir Muhammad menambahkan kesuksesan The 3rd International Conference on Language, Linguistics, Literature, and Education (ICLLLE) 2023 menjadi bukti bahwasanya UTI sebagai perguruan tinggi dalam negeri telah siap berkolaborasi dengan komunitas internasional yang tentunya sesuai dengan visi serta misi Universitas Teknokrat Indonesia menjadi World Class University. (*)