Pemkab Pesawaran Bakal Distribusikan Bantuan Beras ke Masyarakat

1,169 views

PESAWARAN- Pemerintah Kabupaten Pesawaran dalam tiga bulan kedepan (September-November 2023), kembali akan menggelontorkan bantuan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) kepada masyarakat.

Dimana untuk Kabupaten Pesawaran sendiri akan dialokasikan kepada 52.967 warga, selaku Penerima Bantuan Pangan (PBP) yang akan mendapatkan jatah sebanyak 10 kg per bulannya.

Kepastian ini diungkapkan Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona usai melepas Bantuan Pangan Beras tahap 2, bersama Asisten ll, Bidang Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Lampung, Kusnar di Gudang Badan Urusan Logistik (Bulog), Campang Raya pada Jum’at (15/9/2023).

Dikatakannya, melalui Perum Bulog, Pemerintah kembali menggelontorkan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) untuk bantuan pangan tahap II 

Diharapkan bantuan ini kata Dendi, dapat mengurangi beban masyarakat akibat kerawanan pangan, kemiskinan, stunting dan gizi buruk, keadaan darurat, melindungi produsen dan konsumen serta mengendalikan dampak inflasi.

” Untuk wilayah Lampung sendiri, bantuan diberikan kepada 830.789 PBP selama 3 bulan yang diantaranya Kabupaten Pesawaran akan dialokasikan sebanyak 52.967 PBP, Kota Bandar Lampung 65.303 PBP dan Kabupaten Pringsewu 40.490 PBP, ” ucap Dendi. 

Gubernur Lampung sendiri, melalui Asisten 2 Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Kusnardi berharap penyaluran Bantuan Pangan Beras Tahap II ini dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari, khususnya 3 bulan ke depan.

Dirinya berpesan kepada Perum BULOG untuk dapat menjalankan amanah penyaluran bantuan pangan beras ini dengan baik, serta tetap dapat terus melaksanakan program SPHP (Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan) dengan menggelontorkan beras di pasar.

“Dengan paduan pelaksanaan Program Bantuan Pangan dan SPHP ini diharapkan dapat membantu mengendalikan harga beras di pasaran, sehingga masyarakat Lampung tidak perlu merasa khawatir,” ujarnya

Sementara Plt. Pemimpin Wilayah Bulog Provinsi Lampung, Nurman Susilo mengatakan program ini merupakan lanjutan dari program bantuan pangan sebelumnya yang telah dilaksanakan untuk alokasi bulan Maret, April dan Mei

BACA JUGA :   Kadis Kominfotiksan Minta yang Telah Ikuti GTA Implementasikan Ilmunya di Pesawaran

Ia menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh pihak terutama Pemerintah Daerah yang telah mendukung, membantu dan memantau kegiatan bantuan pangan beras tahap I sebelumya sehingga dapat terselenggara dengan baik.

Nurman mengatakan untuk Provinsi Lampung bantuan pangan beras akan didistribusikan sebanyak 8.307.890 Kilogram per-satu bulan alokasi sehingga total yang akan alokasikan selama 3 bulan yaitu 24.923.670 Kilogram.

” Kita berharap program ini dapat membantu menstabilkan harga beras di pasar dan membantu masyarakat Provinsi Lampung dalam memenuhi kebutuhan berasnya,”harapnya.(rid)