Trust Indonesia Sebut Erick Sebagai Figur Cawapres Pilihan, PAN: Dia Seorang Santri

1,239 views

Jakarta – Lembaga Survei Trust Indonesia menyimpulkan Erick Thohir sebagai salah satu figur Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang paling dipilih responden. Pasalnya, dalam beberapa skema simulasi, Erick Thohir selalu masuk dalam urutan 10 peringkat besar.

“Dalam simulasi 13 nama Cawapres (Elektabilitas Tertutup), Erick Thohir mendapat elektabilitas 3,9 persen. Erick selalu masuk dalam 10 peringkat besar,” kata Direktur Eksekutif Trust Indonesia, Azhari Ardinal dalam Dialog Trust Forum yang berlangsung Jum’at (16/6) sore kemarin.

Apalagi, ungkap Azhari, Erick Thohir juga sudah diusung secara resmi oleh Partai Amanat Nasional (PAN). Meskipun PAN hanya memiliki 6,84 persen, tapi jumlah suara tersebut cukup membuat tawaran Erick Thohir sebagai Cawapres menjadi kenyataan.

“Karena dukungan PAN, posisi tawar Erick Thohir sebagai Cawapres juga semakin meningkat. Erick juga dianggap memiliki dukungan finansial yang kuat karena jumlah kekayaannya yang besar,” jelas dia.

Meskipun demikian, menurut Azhari, posisi Erick Thohir sebagai Cawapres masih dianggap belum terlalu aman. Pasalnya, tidak seperti koalisi yang dibangun PDIP-PPP, PAN justru belum memiliki koalisi yang solid dan pasti untuk mengusulkan pasangan Capres-cawapres.

Menanggapi hal tersebut, PAN mengaku terang-terangan ingin mendapatkan efek ekor jas atau coattail effect dengan mengusung Erick. Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi menjelaskan PAN ingin memenangkan pemilu 2024 dengan mengambil insentif dari popularitas Erick Thohir.

“Bagi partai PAN, pilpres ini kita akan berjuang. Ada calon dari PAN yaitu Erick Thohir. Meskipun PAN menyadari bahwa PAN tidak bisa mengusung sendirian, tapi PAN tidak mau kalah hattrick dalam pemilu,” kata Viva.

BACA JUGA :   Bertemu Abdul Hakim, Gubernur Lampung Jamin Ketersediaan Pakan Ternak