Pringsewu Haritage Fun Run, Arinal Kibarkan Bendera Start

4,356 views

PRINGSEWU- Kembangkan potensi Sport Tourism di Provinsi Lampung, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi secara resmi membuka kegiatan Pringsewu Haritage Fun Run 10K and 5K serta Jalan sehat di Desa Wisata Lugusari, Minggu (21/05/2023) pagi.

Usai melepas kurang lebih 500 peserta Pringsewu Heritage Fun Run, Gubernur Arinal juga sempat mengikuti jalan sehat bersama masyarakat pringsewu.

Dalam sambutannya Gubernur menyatakan bahwa kegiatan Pringsewu Heritage Fun Run dan jalan sehat ini sejalan dengan amanat Bapak Presiden untuk mengembangkan potensi Sport Tourism pasca pandemi, karena Indonesia memiliki Alam yang indah.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, upaya membangkitkan kembali sektor Ekonomi Daerah pasca pandemi merupakan tantangan berat apabila tidak didukung oleh kerjasama antar lintas sektor, antara lain melalui Sektor Olahraga dan Sektor Pariwisata,” ucap Gubernur.

Menurut Gubernur, keunggulan pariwisata Lampung dapat dijadikan kemasan menarik apabila disandingkan dengan Penyelenggaraan Event Olahraga, salah satunya Olahraga Berbasis Alam dan Budaya yaitu Sport Tourism dalam hal ini Olahraga Atletik. Selain bisa berolahraga dan berprestasi, kegiatan ini juga memiliki nilai rekreatif dimana para peserta dapat menikmati keindahan alam sekaligus dapat menyaksikan Seni Budaya Lokal serta merasakan langsung nilai-nilai kearifan lokal masyarakat adat setempat.

“Sektor Pariwisata Lampung memiliki keunggulan yang sangat besar. Keindahan Alam, Keragaman Budaya, Adat Istiadat dan Kearifan Lokal kiranya cukup untuk dijadikan peluang dalam mewujudkan Provinsi Lampung sebagai Destinasi Pariwisata Unggulan Nasional disandingkan dengan sektor Olahraga,” ucap Gubernur.

Gubernur juga berharap agar kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif untuk tumbuh kembang Prestasi Olahraga dan Ekonomi berbasis Masyarakat yang berkelanjutan di Bumi Ruwa Jurai ini.

“Marilah bersama-sama untuk selalu menjunjung tinggi sportifitas dan senantiasa bergandengan tangan untuk mewujudkan Indonesia Maju dan Lampung Berjaya,” tutupnya.

BACA JUGA :   Arinal Terima Penghargaan dari BPJS Kesehatan

Sementara itu, Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah berharap dengan dilaksanakannya event sport turism ini tidak hanya sebagai upaya menyehatkan tubuh, tapi juga
semakin mendekatkan masyarakat, terutama para peserta pada seni
budaya dan pesona pariwisata Kabupaten Pringsewu, khususnya potensi kerajinan kain tapis yang sedang dikembangkan pemerintah Provinsi Lampung di Pekon Lugusari Kabupaten Pringsewu.

“Besar harapan saya, event Pringsewu Heritage Fun Run 5K dan 10K yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Lampung di Kabupaten Pringsewu ini akan
dapat diselenggarakan secara continue, sehingga
menjadi agenda tahunan Pemerintah Provinsi
Lampung,” tutupnya.

Ketua pelaksana kegiatan, Plt. Kepala Dinas Pemuda Dan Olahraga Provinsi Lampung Descatama Paksi Moeda, dalam laporannya menyampaikan kegiatan Pringsewu Heritage Fun Run ini diikuti oleh 542 peserta, dengan rincian, 200 orang peserta untuk jarak 10K dan
342 orang peserta untuk jarak 5K.

Adapun tujuan dari kegiatan ini menurut Descatama Paksi Moeda adalah untuk mempererat silaturahmi dengan berolahraga dan menikmati keindahan alam serta pesona budaya di kabupaten Pringsewu. “Output yang diharapkan dihasilkan dari kegiatan ini yaitu olahraga berbasis alam dan budaya sport tourism,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Arinal Djinaidi juga melakukan pengalungan medali kepada peserta tercepat sampai ke garis finish.

Untuk kategori Fun Run 10K Pria medali diberikan kepada Rizki Jumali Danu Prayoga, dan Asep, untuk Wanita diberikan kepada Stevi, Kirana, dan Lusi Ajeng

Sementara untuk kategori Fun Run 5K Pria medali diberikan kepada Edward, Dolbi, dan Anton, sedangkan untuk Wanita diberikan kepada Ulfa, Novi dan Nabela. (kmf).