Mingrum Terima Silaturrahmi Pansus DPRD Tuba

1,097 views

BANDARLAMPUNG- Ketua DPRD Lampung, Mingrum Gumay, S.H., M.H., menerima silaturahmi Panitia Khsusus (Pansus) DPRD Tulang Bawang (Tuba), Selasa, (18/4/2023).

Para wakil rakyat Tuba ini berdiskusi soal teknis pelaksanan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kabupaten setempat mendatang.

Mingrum Gumay mengatakan, saat ini perlu melakukan adalah melihat RPJMD Tuba sudah atau belum liniear dengan Provinsi Lampung.

“Atau juga dia satu tarikan napas (linear) dan ada garisan RPJN nasional. Jadi, ada rencana pembangunan nasional, provinsi, dan kabupaten,” ujarnya.

Menurutnya, berdasarkan RPJMD, program atau kegiatan pembangunan di Tuba dapat dikonsultasikan dengan TAPD dan Mitra terkait.

“Dari sini kita bisa melihat program kegiatan yang notabene itu dikonsultasikan tidak hanya di TAPD tapi mitra terkait yang dalam hal ini adalah komisi, oleh dari badan atau kelembagaan terkait serta pihak lain,” ungkapnya.

Politisi senior PDI Perjuangan Lampung ini juga menjelaskan, sepanjang belum ada kepala daerah baru berdasarkan ketetapan pemilu, tugas Bupati Pj. Kabupaten Tuba meneruskan RPJMD yang sudah ada.

“Tapi dia tetap berlaku sebelum ada pengganti kepala daerah.Berarti, kepala daerah sekarang (pj) tugasnya hanya meneruskan karena yang dimiliki gubernur, bupati atau wali kota itu visi misi. Kalau RPJMD itu punya DPRD karena DPRD juga yang mengesahkan, jadi punya kalian juga. Bagaimana tugas pj bupati saat ini, nah dia harus meneruskan, kalau dia ada targetan-target itu nanti dibedah melalui OPD,“ katanya.

Ia juga mendorong DPRD Tuba melakukan program penguatan Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) dan diklat bagi DPRD Tuba bersama Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI.(*)

BACA JUGA :   Noverisman Subing Ajak Anak Muda Sukadana Patuhi Prokes