Akan Terima Penghargaan UHC JKN-KIS Award dari Presiden Jokowi, Dendi Ramadhona, ST, Berharap Kesehatan Masyarakat Semakin Membaik

793 views

Pesawaran – Dianggap sukses dalam program JKN-KIS, Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran akan menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) JKN-KIS Award langsung dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada hari selasa (14/03/2023) mendatang di Jakarta.

Bupati Pesawaran 

Melalui dr. Mediana Apriliana. M. Kes selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran, saat dikonfirmasi media pada Jum’at 10 Maret 2023, menyampaikan bahwa Bupati Kabupaten Pesawaran H. Dendi Ramadhona, ST, akan mendapatkan penghargaan dalam program JKN-KIS yang akan diberikan secara langsung oleh Pak Joko Widodo sebagai Presiden Republik Indonesia.

“UHC Award yang diberikan kepada Kabupaten Pesawaran dikarenakan cakupan kepesertaan JKN-KIS sudah mencapai >95%, ini semua merupakan bukti nyata dari komitmen Bpk Bupati dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Pesawaran,”kata dr. Media Apriliana, MKM

Penghargaan Universial Health Coverage (UHC) JKN-KIS didapat selama pelaksanaan program pemerintah pusat dalam menyelenggarakan JKN-KIS dalam mengcover kesehatan masyarakatnya. Pesawaran telah mengcover masyarakatnya hingga mencapai Universal Health Coverage (UHC) yang mencapai 96,46 persen menggunakan JKN-KIS dari jumlah total penduduk Kabupaten Pesawaran 478,558 jiwa berdasarkan data BPJS Kesehatan.

“Dengan pencapaian ini, diharapkan masyarakat tidak takut lagi untuk datang ke fasilitas kesehatan karena keterbatasan biaya, Pemkab menjamin masyarakat yang belum memiliki BPJS bila sakit dan berobat ke Puskesmas/RSUD akan langsung aktif BPJS nya 1 X 24 jam, kedepan diharapkan dengan kesadaran masyarakat Pesarawan, kunjungan masyarakat ke fasilitas kesehatan di kabupaten Pesawaran bukan hanya kunjungan sakit, tetapi juga kunjungan sehat,” harapannya.

Sebelumnya pada Selasa, 28 Februari 2023 lalu Dewan Pengawas (Dewas) Pusat Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Siruaya Utamawan, mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Pesawaran yang telah berkomitmen dalam memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat melalui program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Saya sangat mengapresiasi kepada Pemerintah Pesawaran, yang telah berkomitmen dalam memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat melalui program JKN. Hal ini dibuktikan dengan telah tercapainya Universal Health Coverage (UHC) yang mencapai 95% cakupan peserta JKN di Pesawaran ini,” ucapnya saat berdiskusi dengan PPNI dan IBI Pesawaran. (*) (syah/feb)