Pemkab Lamsel Akan Terima Penghargaan UHC JKN-KIS Award

904 views
Bupati Lampung Selatan

Lampung Selatan – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) sukses mencapai cakupan asuransi jaminan kesehatan atau Universal Health Coverage (UHC) Tahun 2022.

UHC merupakan perlindungan cakupan kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional di suatu daerah yang minimal 95% dari total jumlah penduduknya mengakses akses keuangan pelayanan kesehatan dengan mendaftarkan diri dari pihak lain menjadi peserta JKN.

Terhitung 1 September 2022, sebanyak 1.023.968 jiwa penduduk Lampung Selatan telah terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari total jumlah penduduk 1.073.867 jiwa atau sebesar 95,35%.

Capaian tersebut mengantarkan Kabupaten Lampung Selatan untuk meraih Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari BPJS Kesehatan Pusat.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Deputi Direksi BPJS Wilayah Banten, Kalimantan Barat dan Lampung Lisa Nurena kepada Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto yang berlangsung di Aula Sebuku, Rumah Dinas Kabupaten Lampung Selatan, Rabu, 14 September 2022, lalu.

Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto Akan menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) JKN-KIS Award langsung dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada hari selasa (14/03/2023) di Jakarta.

Bupati Kabupaten Lamsel Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto saat dikonfirmasi mengatakan bahwa Pencapaian penghargaan dalam bidang kesehatan yang akan diberikan secara langsung oleh Pak Joko Widodo sebagai Presiden Republik Indonesia, bukan hal yang mudah dan instan.

 

“Untuk Mendapatkan penghargaan Universal Health Coverage (UHC) JKN-KIS itu tidak mudah, perlu kerja keras dan ini merupakan hasil kerja sama dan gotong royong semua pihak,” kata H. Nanang Ermanto melalui Hari Surya Wijaya, SKM,M.M selaku Kepala Dinas Kesehatan Lamsel, Jum’at 10 Maret 2023.

“Saya berharap kesehatan masyarakat Lampung Selatan semakin membaik, dan budaya gotong royong melalui iuran BPJS Kesehatan dapat berjalan lancar sebagai mana mestinya, sehingga kedepannya Kabupaten Lampung Selatan semakin sehat dan sejahtera,” harapnya. (*) (syah/feb)

BACA JUGA :   Sambut Hari Bhayangkara, Kapolda Lampung Terima Air Suci