Komisi II DPRD Metro Minta RSUDAY Cepat Tanggap

288 views

METRO- Komisi II DPRD Metro minta Rumah Sakit Umum Daerah Ahmad Yani (RSUDAY) cepat tanggap guna menampung semua pasien yang berobat di RS plat merah itu.

Ini dikatakan Ketua Komisi II DPRD Metro Fahmi Anwar saat lakukan sidak ke RSUDAY guna melihat penanganan pasien DBD, Senin (10/2/20).

”Terus terang saya perhatikan kondisi ini terjadi setiap awal tahun, dimulai Desember hingga April. Saya yakin teman-teman di rumah sakit dan Dinas Kesehatan sudah bekerja maksimal,
tetapi selalu saja terulang lagi,” ujar Fahmi Anwar

Untuk itu, ia juga meminta kepada Dinas Kesehatan agar terus lakukan sosialisasi yang komprehensif untuk antisipasi mewabahnya DBD di Metro.

”Setahu saya DBD ini tidak ada obatnya, pasien DBD tetap harus melewati fase-fasenya. Penangananya dengan perawatan agar ketahanan tubuh si pasien meningkat. Nah, tujuan dikuatkan sosialisasi tadi agar masyarakat bisa merubah mindset bahwa penanganan bisa di lakukan di Puskesmas juga, tidak harus ke rumah sakit,” ucapnya.

Fahmi menambahkan, sebagai Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD) RSUDAY juga diharapkan mampu membuat perencanaan terkait persolan terkait pelayanan. Karena sistem BLUD membolehkan rumah sakit untuk mengambil keputusan terkait penggunaan anggaran di luar perencanaan yang sudah diusulkan kepada pemerintah daerah.

”Komisi II siap mendukung langkah rumah sakit jika itu untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Saya juga berpesan agar rumah sakit tidak anti keritik dan masukan, karena jika sudah bertugas di rumah sakit, sudah menjadi tanggung jawab untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat,” tegasnya. (rif/jar)

BACA JUGA :   Antri Astuti, Plt Kadiskominfotik Lampunh Meninggal Dunia