SBY Setuju Dukung Gibran Di Pilwakot Surakarta

332 views

JAKARTA- Pemilihan Walikota (Pilwakot) Surakarta menjadi magnet tersendiri bagi elit-elit partai politik. Ya, Ini terjadi lantaran ada nama Gibran Rakabuming raka, anak sulung Presiden yang bakal maju di pilkada 23 September 2020 mendatang.

Seperti halnya Partai Demokrat, Kepala Divisi Advokasi dan Bantuan Hukum Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean mengatakan bahwa sang Ketua Umum PD, Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) setuju Demokrat mendukung Gibran sebagai calon wali kota Surakarta.

Menurutnya, persetujuan itu disampaikan SBY secara lisan setelah menerima laporan Ketua DPD Partai Demokrat Rinto Subekti.

“Laporan DPD Demokrat Jawa Tengah sudah mendapat respons positif dari SBY untuk meneruskan proses yang sudah dilaksanakan, opsinya mendukung Gibran. SBY sudah memberikan persetujuan untuk itu,” kata Ferdinand sebagaimana dilansir cnnindonesia.com, Rabu (5/2/20).

Ia menyatakan kepastian dukungan Demokrat gibran hanya tinggal menunggu surat rekomendasi yang diperkirakan terbit pada April nanti.

Ferdinand menyatakan dukungan partai itu terhadap pencalonan Gibran hanya dapat berubah bila Gibran tidak mendapatkan dukungan dari partai politik lain yang memiliki kursi di DPRD Surakarta.

Pasalnya, Partai Demokrat tidak memiliki kursi sama sekali di DPRD Surakarta saat ini. “Hampir dapat dipastikan kalau tidak ada perubahan besar, kalau Gibran tidak dapat dukungan dari partai lain,” tutur Ferdinand.

Diketahui, Partai tempat Gibran bernaung, PDIP sejauh ini belum memutuskan apakah akan mengusung Gibran atau Achmad Purnomo di Pilwakot Surakarta 2020. (cni/dim)

BACA JUGA :   Pemerintah Bakal Lokalisir Penyakit Menular