Unila  

FMIPA Unila Gelar Pelatihan Verifikasi TUK dan Sertifikasi Kompetensi

551 views

Bandar Lampung – Jurusan Kimia FMIPA Universitas Lampung (Unila) menggelar pelatihan berbasis kompetensi pada skema Analisis Spektrofotometri UV-Vis dan Analisis Mikrobiologi, pada 10-11 Oktober 2024.

Kegiatan yang diselenggarakan di Laboratorium Kimia Anorganik/Kimia Fisika dan Laboratorium Biokimia ini digelar sebagai rangkaian kegiatan International Conference on Applied Science, Mathematics, and Informatics (ICASMI) ke-5 yang diselenggarakan FMIPA Unila.

Peserta pelatihan terdiri dari delapan peserta yang merupakan dosen, PLP/Laboran, fresh graduate, dan mahasiswa, dengan asal daerah dari Belitung, Palembang, dan Lampung.

Peserta juga mengikuti uji kompetensi dengan kedua skema di atas yang diselenggarakan pada Sabtu, 12 Oktober 2024.

Kegiatan asesmen berlangsung di Tempat Uji Kompetensi (TUK) Kimia FMIPA Unila, yang pada 11 Oktober 2024 telah mendapatkan rekomendasi langsung dari Lembaga Sertifikasi Profesi Tenaga Laboratorium Indonesia (LSP Telapi) sebagai salah satu TUK LSP tersebut.

Berita acara verifikasi tersebut ditandatangani langsung Dekan FMIPA Dr. Eng. Heri Satria, M.Si.

TUK Kimia FMIPA dapat menyelenggarakan kegiatan uji kompetensi untuk empat skema, yaitu, 1) Analisis Spektrofotometri UV-Vis, 2) Analisis Spektrofotometri Serapan Atom (AAS), 3) Analisis Mikrobiologi, dan 4) Petugas K3 Laboratorium.

Pada akhir kegiatan, seluruh peserta dinyatakan kompeten oleh asesor Sulistiowati dan Inggis Pinarti dari LSP Telapi. Dengan demikian, semua peserta berhak memperoleh sertifikat dari BNSP. [Rilis]

BACA JUGA :   Rektor Unila Lantik Pejabat Baru