Kabupaten Pesawaran Raih Nilai Tertinggi Se- Provinsi Lampung Pada Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) 2024

786 views

PESAWARAN- Kadis Kominfotiksan Pesawaran Jayadi Yasa, ungkapkan rasa bangganya atas keberhasilan Pemkab Pesawaran, masuk predikat kategori Baik, dengan raihan nilai tertinggi se- Provinsi Lampung, pada pelaksanaan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) 2024, oleh Badan Pusat Statistik (BPS) RI. 

Dimana  lanjutnya, untuk tahun 2024 ini,  Pemkab Pesawaran mendapatkan penilaian Indeks Pembangunan Statistik (IPS) tertinggi dengan nilai 2,92 dengan raihan mendapatkan predikat ‘Baik’. Angka ini katanya, sekaligus menjadikan Pesawaran sebagai Kabupaten dengan raihan IPS tertinggi se-Provinsi Lampung diikuti Kabupaten Lampung Tengah dengan nilai 2,88, Bandar Lampung 2,85, dan Lampung Timur 2,78.

Tentunya ujar Jayadi, pencapaian ini tidak terlepas dari peran serta BPS serta kerja sama dengan berbagai OPD yang ikut terlibat dalam proses penilaian. Keberhasilan ini menurutnya merupakan pencapaian keberhasilan Pemda Pesawaran dalam rangka membangun statistik sektoral yang berkualitas melalui pengelolaan portal satu data kabupaten setempat.

“Apa yang kita capai saat ini sudah kita rencanakan dan kerjakan sejak tahun 2022 dengan fokus membangun dan mengembangkan big data. Diawal kita membangun, kita terus konsisten memberikan asistensi kepada seluruh OPD untuk meningkatkan kapasitas sumberdaya pengelola data dengan memberikan edukasi dan pemahaman dalam mengelola satu data mulai dari merencanakan, mengumpulkan, memverifikasi sampai akhirnya data itu bisa kita sajikan” ujar Jayadi, Kamis (20/10/24)

Dengan pencapain ini, Dia mengajak kepada seluruh perangkat daerah untuk tidak berpuas diri. Untuk itu dukungan dan kerja sama dari semua pihak dibutuhkan untuk saling mendukung statistik sektoral yang berkualitas.

“Kita ke depan ingin lebih baik lagi, harapan saya tentu kerja sama semua OPD harus tetap solid, saling mendukung untuk statistik sektoral yang berkualitas,” harapnya

BACA JUGA :   Kok Kecamatan Teluk Pandan Zona Merah Covid-19 Terus Sih? Ini Penyebabnya...

Sementara, Kepala BPS Kabupaten Pesawaran Sugiarto menjelaskan bahwa laporan hasil EPSS ini merupakan hasil kerja dari pembinaan statistik sektoral yang dilakukan oleh BPS dan Kominfo sebagai walidata melalui program Satu Data Indonesia.
 
Dalam penilaian tersebut, lanjut Sugiarto terdapat lima domain yang dijadikan sebagai dasar pengukuran kematangan dalam pengelolaan data. Yaitu domain prinsip satu data Indonesia, kualitas data, proses bisnis statistik, kelembagaan, dan statistik nasional.

“Disitu isinya sudah memuat nilai-nilai yang perlu dipertahankan, apa saja yang masih perlu didongkrak, termasuk kisi-kisi terkait yang masih perlu jadi perhatian. Tentu ini tugas yang berat untuk bisa mempertahankan dan harus lebih giat dan optimal,” kata Sugiarto.

Diketahui sebelumnya, Kabupaten Pesawaran juga turut memperoleh capaian nilai tertinggi kedua tingkat kabupaten se Propinsi Lampung dengan skor 45.82 dengan kategori ‘Cukup’ dalam pengukuran Indeks Masyarakat Digital Indonesia (IMDI) yang dilaksanakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia secara virtual zoom meeting pada Selasa, (10/9/24) lalu (rid)