Hikami Buka Konferensi VII PWI Lampung Barat

534 views

Lampung Barat – Plt. Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Dr. Ahmad Hikami menilai keberadaan Pers sangat penting dalam mendorong kemajuan suatu daerah dalam memberi informasi yang benar, mendidik, akurat, sekaligus menjadi bagian dari transparansi dan akuntabilitas pemerintah kepada masyarakat.

Demikian dismpaikan Ahmad Hikami saat mewakili Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat Drs. Nukman M.M membuka acara Konferensi Kabupaten (Konferkab) VII PWI Kabupaten Lampung Barat priode 2024-2027 yang berlangsung di Aula Kangungan Setdakab, Selasa 08/10/2024).

“Dukungan dari insan Pers sangat penting bagi kemajuan suatu daerah,” kata Hikami.

Menurutnya, peran pers sebagai penyambung komunikasi yang positif antara pemerintah dan masyarakat di era digitalisasi sangat penting.

Termasuk dalam membantu menyampaikan informasi kebijakan dan program-program pembangunan di suatu daerah khususnya Lampung Barat agar dapat diterima masyarakat secara jelas dan berimbang.

“Apa yang pemerintah lakukan tidak bisa langsung tersampaikan kepada masyarakat. Maka melalui para wartawan yang punya saluran yang jelas, kami mohon bantuan untuk menyampaikan ke masyarakat. Baik mengenai program, capaian, sosialisasi, dan sebagainya,” ungkap Hikami.

Kendati demikian Hikami menekankan pentingnya pemberitaan yang objektif dan konstruktif, karena pembangunan daerah yang sukses tidak lepas dari peran serta media massa dalam memberikan pemberitaan yang objektif dan konstruktif.

Hikami berharap PWI Lampung Barat dapat terus meningkatkan profesionalisme dan integritas dalam dunia jurnalistik.

Diakhir sambutannya, Hikami meminta para wartawan untuk mengawal dan mendukung serta berfartisfasi aktip dalam setiap tahapan Pilkada serentak mendatang khususnya di Lampung Barat agar berjalan dengan aman, damai dan lancar.

Sementara, ketua PWI Provinsi Lampung Wirahadikusuma meminta agar wartawan yang tergabung dalam PWI Lampung Barat terus meningkatkan skill dan harus mampu beradaptasi dalam menghadapi disrupsi media yang terus berkembang saat ini.

BACA JUGA :   DPRD Lampung Dorong Pemprov Kongkrit Selesaikan Masalah Gajah di Lambar

Ia menekankan bahwa, profesi jurnalis merupakan pilar demokrasi keempat, selain dari Eksekutif, Yudikatif dan Legislatif, sehingga jurnalis atau pers memiliki peranan penting dalam menyampaikan informasi ke masyarakat.

“Tentu kegiatan atau program yang dilakukan oleh Ekeskutif, Yudikatif atau Legislatif akan kami informasikan agar terkonsumsi oleh masyarakat dan itu tidak hanya di publik Lampung Barat namun di nasional dan internasional,” ujarnya.

Wira menambahkan, dalam perjalanan nya saat ini wartawan atau petusahaan pers terus dihadapkan tantangan dengan adanya disrupsi media, sehingga PWI terus berkomitmen untuk meningkatkan skill profesi kewartawanan.

“Dengan melihat perkembangan jaman sekaang ini, bukan yang kuat yang bertahan tapi yang mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi yang bertahan, sehingga hal tersebut harus diiringi dengan meningkatkan skill,” imbuhnya.

Ditempat yang sama, ketua PWI Kabupaten Lampung Barat Rifai Arif dalam sambutannya menyampaikan permohonan maaf selama tiga tahun dirinya mempin PWI kabupaten Lampung Barat jika belum maksimal.

“Saya mewakili PWI Kabupaten Lampung Barat menyampaikan terimakasih kepada seluruh stacholder yang sudah menjalin kerjasama yang baik selama ini,” jelasnya.

Arif berharap kerjasama yang sudah terjalin dengan baik selama ini akan berjalan langgeng sebagai langkah memajukan Kabupaten Lampung Barat.

Mengakhiri sambutannya, Rifai menyatakan sesuai dengan tema yang diangkat pada Konferkab VII PWI Lampung Barat “Melalui Konferkab VII PWI Kabupaten Lampung Barat, Kita Tingkatkan Profesionalisme Wartawan Dalam Mendukung Pilkada Damai dan Berkualitas di Bumi Beguwai Jejama Sai Betik” PWI Kabupaten Lampung Barat menyatakan siap mendukung penuh pelaksanaan Pilkada serentak mendatang khususnya di Lampung Barat. (*)