Dengan Jambore Kader PKK Pesawaran, Akan Terbentuk  Keluarga Sehat dan Sejahtera 

560 views

PESAWARAN- Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Pesawaran gelar Acara Jambore Kader Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Wisata Pantai Mutun, Kecamatan Teluk Pandan, Rabu, (18/09/24).

Mengusung tema “Tingkatkan Sinergitas Untuk Bergerak Bersama PKK Mewujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Indonesia Maju” Jambore Kader PKK kali ini dihadiri oleh 250 orang kader, terdiri dari perwakilan dari masing-masing dari 11 kecamatan se-Kabupaten Pesawaran.

Jambore Kader PKK merupakan gerakan sosial masyarakat yang tumbuh dan berkembang dari dan oleh seluruh lapisan masyarakat sebagai wujud kebersamaan para kader PKK, kader KB dan kader kesehatan untuk saling berbagi pengalaman dan pengetahuan yang dikemas dalam suasana kegembiraan guna menciptakan ikatan kelembagaan yang kuat.

Dikesempatan itu, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Pesawaran, Nurhayati mengatakan bahwa kegiatan ini tidak hanya sebagai ajang kompetisi antar kader, tetapi juga bertujuan untuk memperkokoh sinergi dalam melaksanakan program-program pokok PKK.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk memotivasi kader PKK dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Bagi peserta yang berprestasi dan berbakat akan mendapatkan penghargaan berupa piala atau trofi dan uang pembinaan,” ujarnya.  

Nurhayati juga memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan acara. 

“Saya mengucapkan banyak terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas partisipasi dan peran aktifnya. Kegiatan ini tidak akan terlaksana dengan baik dan sukses tanpa peran serta masyarakat dan berbagai pihak khususnya Pemerintah Kabupaten Pesawaran,” sambungnya.

Sementara itu, Bupati Pesawaran melalui Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Kabupaten Pesawaran Chabrasman,  berharap agar setiap program kerja dapat dilaksanakan dengan baik dan benar sesuai kebutuhan masyarakat serta dapat dirasakan secara nyata.

BACA JUGA :   Lantik 14 Kades, Ini Pesan Dendi Romadhona

“Kader PKK, kader KB dan kader kesehatan adalah mitra utama pemerintah, sehingga program-program unggulan harus dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang sejalan dengan program prioritas Pemerintah Kabupaten Pesawaran sehingga dapat dilaksanakan bersinergi dengan Dinas Instansi terkait,” ucapnya

Pada kesempatan itu, Chabrasman berpesan kepada seluruh kader dan peserta jambore agar kegiatan ini dapat dijadikan wadah menjalin silaturahmi dan menambah wawasan untuk menunjang terciptanya keluarga sehat dan sejahtera sehingga upaya percepatan penurunan stunting di Kabupaten Pesawaran dapat mudah diwujudkan.  

Dia juga juga berharap agar kegiatan ini dapat menjadi momentum dalam meningkatkan kualitas kader PKK, memperkuat solidaritas, meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan motivasi para kader dalam pemberdayaan dan pembinaan masyarakat

Pada  kegiatan Jambore Kader PKK tersebut, di gelar sejumlah perlombaan, di antaranya, lomba Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) atau Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) berprestasi, lomba Kader Berprestasi dan lomba kelompok kegiatan Bina Keluarga Balita (BKB) berprestasi atau unggulan (rid)