Bupati Pesibar Buka Acara Khitanan Masal

852 views

Pesisir Barat – Bupati Pesisir Barat (Pesibar), Agus Istiqlal, didampingi Ketua Tim Penggerak-Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Pesibar, Septi Heri Agusnaeni, membuka kegiatan Bakti Sosial (Baksos) Khitanan Massal Gratis, di RSUD. KH. Muhammad Thohir, Kamis (12/9/2024).

Dalam sambutannya Bupati, Agus Istiqlal, mengatakan bahwa baksos sunatan masssal merupakan kegiatan yang sangat mulia, karena manifestasi dari pelaksanaan kegiatan tersebut yaitu ibadah. “Mudah- mudahan anak yang dikhitankan menjadi anak yang salih, taat pada Allah, berbakti kepada kedua orang tuanya, berguna bagi nusa dan bangsa,” ucap Bupati, Agus Istiqlal mendoakan.

Menurut Bupati, Agus Istiqlal, kegiatan itu juga merupakan salah satu bentuk kepedulian kepada masyarakat, untuk mengukuhkan keislaman serta memberikan pelajaran kepada anak-anak tentang pentingnya syari’at khitanan massal bagi kaum muslimin.

Khitan adalah salah satu bagian dari syariat agama yang kita yakini dan wajib hukumnya bagi anak laki-laki. “Dari pandangan agama fungsi dari khitan itu sendiri adalah untuk mempermudah dan mempercepat proses pembersihan fisik sebagai salah satu syarat sahnya ibadah, sedangkan dari pandangan medis, seperti yang di ungkapan para ahli kedokteran bahwa khitan mempunyai faedah yang sangat penting bagi kesehatan karena membuang anggota tubuh yang menjadi tempat persembunyian kotoran, virus, bakteri dan lain- lain yang dapat membahayakan kesehatan,” papar Bupati, Agus Istiqlal.

“Maka dari itu melalui khitan, seorang anak sejak dini diajarkan mengenai pentingnya kesehatan dan kebersihan badan,” pungkas Bupati, Agus Istiqlal.(ys)

BACA JUGA :   Pemkab-DPRD Pesibar Audiensi Dengan UPBU Silampari Lubuk Linggau