Unila  

Rektor beserta Jajaran Gelar Grand Launching Dies Natalis ke-59 Unila

1,268 views

Bandar Lampung – Rektor beserta jajaran pimpinan dan sivitas akademika Universitas Lampung ( Unila ) gelar launching Dies Natalis ke-59 pada Sabtu, 17 Agustus 2024, di Lapangan Sepak Bola Unila.

Dies Natalis ke-59 mengangkat tema “Be Strong: Transformasi Unila untuk Indonesia Emas” yang merupakan wujud komitmen dan semangat bersama untuk membawa Unila menjadi salah satu pilar penting dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045 dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Rektor Unila, Prof.Dr.Ir. Lusmeilia Afriani, DEA, IPM., ASEAN Eng., beserta jajaran secara simbolik melakukan pemotongan 59 tumpeng, pelepasan 59 ekor burung, serta 59 balon, sebagai simbol grand launching Dies Natalis ke-59 Unila.

Peluncuran Dies Natalis ke-59 Unila bukan sekedar momentum peringatan, namun juga saat yang tepat untuk merefleksikan perjalanan panjang Unila dalam rangka mewujudkan visi dan misi Unila.

Dr.Ir. Kuswanta Futas Hidayat, MP, dalam laporannya menyampaikan filosofi logo Dies Natalis ke-59 yang terdiri dari empat komponen utama.

Komponen pertama yaitu tanduk rusa dengan sembilan fakultas warna termasuk ekosistem. Komponen kedua yaitu pohon beringin yang menandakan sumber kehidupan, kemakmuran, kekuatan, dan pengayoman.

Komponen ketiga adalah tapis lampung yang menandakan kebudayaan, kekayaan, keyakinan dan kebanggaan Provinsi Lampung. Komponen terakhir yaitu lingkaran berwarna hijau yang melambangkan perputaran dan pergerakan yang dinamis.

Dies Natalis ke-59 akan diisi berbagai kegiatan akademik dan non-akademik yang telah dipersiapkan seluruh unit di Unila, antara lain lomba menanam sayur, jalan sehat, lomba dosen berprestasi, lomba pegawai berprestasi, kirab dan seminar kebangsaan, Festival Mahasiswa Pertanian Nasional , Olimpiade Sains, Matematika dan Ilmu Komputer, Festival Pemerintahan, Digitalisasi Invasi Internasional, Kompetisi Ide Inovasi , serta Konferensi Internasional Industri, dan Sains dan Keberlanjutan.

BACA JUGA :   Rektor Unila Lusmeilia Afriani beserta Jajaran Pimpinan Universitas Safari Ramadhan di FT

Unila berharap, dengan diadakannya rangkaian Dies Natalis ke-59 ini dapat meningkatkan partisipasi seluruh akademisi dan pihak eksternal Unila dalam mewujudkan visi dan misi Unila untuk Indonesia Emas 2045. (*)