Pemkot Metro Gelar Vaksinasi Rabies dan Pelayanan Kesehatan Hewan Gratis

612 views

Pemkot Metro – Pemerintah Kota Metro adakan vaksinasi rabies dan pelayanan kesehatan gratis pada hewan di Puskeswan Metro dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Metro yang 87, pada Senin (27/05/2024).

Rabies merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus, ditularkan dari hewan kepada manusia yang terkena gigitan hewan yang positif rabies.

Dalam sambutannya, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Metro, Yerri Ehwan menyampaikan Hewan Penular Rabies (HPR) diantaranya adalah anjing, kucing dan kera. Dengan 98% penyakit Rabies umum nya ditularkan melalui gigitan anjing dan 2% melalui gigitan kucing dan kera.

“Berdasarkan laporan, di Kota Metro telah terkonfirmasi positif rabies sebanyak lima ekor kucing. Jumlah positif rabies tahun 2024 dilaporkan sebanyak empat ekor kucing, sedangkan di tahun 2023 sebanyak satu ekor kucing. Sehingga kita semua perlu meningkatkan kehati hatian terhadap ancaman penyakit ini,” ujar Yeri.

Tak hanya itu, Yeri juga mengatakan pada tahun 2021, jumlah populasi hewan penular rabies di Kota Metro sebanyak 3.882 ekor, dengan jumlah Anjing 884, Kucing 2.957 ekor dan Kera 40 ekor dengan cakupan vaksinasi rabies 71,39% yaitu sebanyak 2.771 ekor (Anjing 670 ekor, Kucing 2068 ekor, dan Kera 33 ekor).

“Meskipun pada tahun 2022 cakupan vaksinasi rabies sempat menurun karena adanya keterbatasan vaksin rabies, namun pada tahun 2023 lalu Pemerintah Daerah Kota Metro telah melaksanakan vaksinasi sebanyak 2319 dosis dengan cakupan vaksinasi 50,41% dan pada tahun 2024 ini telah dilaksanakan vaksinasi sebanyak 442 dosis,” papar Yeri.

Yeri juga ungkapkan pelaksanaan vaksinasi rabies di Kota Metro masih akan terus berjalan sampai akhir tahun 2024.

“Saat ini Pemerintah Kota Metro melaksanakan upaya pencegahan penyakit rabies dengan melaksanakan vaksinasi rabies dan pemberian vitamin gratis sebanyak 200 dosis, untuk hewan penular rabies. Kegiatan ini dilakukan di UPTD Puskeswan Kota Metro selama 1 pekan, yaitu mulai hari ini tanggal 27 Mei sampai dengan 31 Mei 2024,” jelas Yeri.

BACA JUGA :   Iwan Munir Nahkodai Laskar Lampung Indonesia Kota Metro

Di akhir sambutannya, Yeri berharap dengan adanya kegiatan vaksinasi rabies dan pemberian vitamin gratis ini, dapat membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok HPR yang ada di Kota Metro, sehingga menjaga Kota Metro dari tertularnya penyakit rabies baik pada hewan maupun pada manusia.

Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3), Andi Kardinal, menyampaikan harapannya dengan adanya vaksinasi gratis dapat meningkatkan kesehatan hewan dan juga manusia sebagai pemelihara.

“Jadi acara pada hari ini cukup mendapat antusias dari semua masyarakat. Kita juga telah memberikan informasi ke 22 kelurahan untuk datang memanfaatkan vaksinasi gratis dan vitamin gratis kepada hewan peliharaan nya,” ajak Andi Kardinal.

Andi juga sampaikan jika vaksin ini didapat dari bantuan Pemerintah Provinsi Lampung, Dinas Peternakan Provinsi Lampung, sedangkan Kota Metro sendiri sudah menganggarkan pemberian vaksinasi sampai dengan akhir tahun 2024. (*)