Tiyuh Candra Kencana Tiyuh Sadar Kerukunan

1,259 views

Tulang Bawang Barat – Tiyuh Candra Kencana, kecamatan Tulang Bawang Tengah, kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), merupakan tiyuh sadar kerukunan. Penobatan serta pencanangan tiyuh (desa) sadar kerukunan tersebut dicanangkan oleh lintas sektoral setempat pada beberapa tahun lalu.

Tiyuh Candra Jaya merupakan salah satu tiyuh tua yang berada di kabupaten Tulang Bawang Barat. Tiyuh itu telah mampu melahirkan dua tiyuh lainnya yaitu tiyuh Candra Mukti, dan tiyuh Candra Jaya. Penobatan tiyuh kerukunan tersebut, berdasarkan keberagaman masyarakatnya dari berbagai suku, serta pemeluk agama. (Rabu, 19/06/2024)

Dijelaskan kepala tiyuh (desa) setempat Zaenal Abidin, S.Pd. bahwasanya tiyuhnya dinobatkan sebagai tiyuh kerukunan merupakan hal yang tepat dan sangat singkron. Dengan apa yang ada didalamnya. Baik penduduknya (masyarakat) yang beragam, maupun berbagai bidang lainnya. Sehingga kerukunan sangatlah diutamakan.

Disisi lain ia juga memaparkan selain kesadaran masyarakatnya untuk dapat mewujudkan tiyuh sadar kerukunan itu, berbagai program pemerintah juga telah pihaknya selaraskan. Seperti halnya pembangunan tiyuh dan pemberdayaan masyarakat di tiyuhnya.

“Ya tiyuh (desa) kami ini merupakan tiyuh Sadar Kerukunan. Rukun dalam artian kompak, bersatu, dan saling bahu membahu untuk memajukan tiyuh secara bersama- sama. Satu sama lain saling menyadari akan pentingnya kerukunan tersebut untuk mencapai tujuan kesejahteraan bersama “pungkasnya kepala tiyuh Candra Jaya Zaenal Abidin, S.Pd.

Pembangunan tiyuh seperti tahun- tahun sebelumnya baik fisik maupun non fisik, yang bersumber dari Dana Desa (Dana Desa) pada tahap pertama ini telah direalisasikan untuk pembuatan tiga titik gorong- gorong, pembagian bibit sayuran seperti bibit terong, cabai, rampai, dan bibit sayuran lainnya yang telah diserahkan langsung kepada Kelompok Wanita Tani (KWT).

BACA JUGA :   Sat Narkoba Polres Tulang Bawang Barat Tangkap pelaku penyalahgunaan obat Eximer

Lalu pembagian hewan ternak berupa kambing, pemberian bibit ikan beserta pakannya, serta penyaluran BLT- DD. Tujuannya adalah untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat tiyuh Candra Kencana yang saat ini telah dinobatkan sebagai tiyuh sadar kerukunan dapat benar- benar terwujud dikarenakan masyarakatnya sejahtera dan terpenuhinya gizi keluarga.

“Saya berharap kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan pembangunan dan fasilitas yang ada secara baik. Memanfaatkan semua bantuan yang telah diberikan untuk hal yang positif, memanfaatkan perkarangan dan lahan kosong untuk ditanami sayuran. Pengelolaan kolam, kandang, dan kebun secara baik. Dengan seperti itu berti telah turut mendukung kemajuan tiyuh “ungkapnya. (*)