Pemkot Metro Gelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional

1,068 views

Kota Metro – Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional, Dinas Pendidikan dan Kebudayan Kota Metro mengadakan upacara di Halaman Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat, Kamis (02/05/2024).

Wakil Wali Kota Metro, Qomaru Zaman yang juga sebagai pembina upacara, mengatakan dalam proses mencerdaskan bangsa khususnya di Kota Metro melalui pendidikan.

“Dengan itu, yang perlu saudara pahami, bahwa pendidikan itu, paling tidak untuk mencegah kebodohan, maka itu Kota Metro harus diurus dengan kehormatan dan peradaban,” katanya.

Peringati hari Pendidikan Nasional, Qomaru mengulas kembali kisah Ki hajar Dewantara, dengan pemikirannya yang bisa diartikan harapannya untu para penerus bangsa bisa mengurus negara ini dengan sebaik baiknya.

“Saya harap seluruh instansi, guru guru, beserta jajarannya dapat membuktikan bahwa Kota Metro dapat menjadi Kota yang terhormat dan bermartabat. Tentunya di bidang pendidikan yang bisa merubah dunia, bisa merubah alam pikir, dan bisa merubah niat yang tadinya tidak baik menjadi baik,” ajaknya.

Selain itu juga, Qomaru mempertimbangkan Kota untuk di perbaiki suasana kota, yang tentunya dimulai dari guru, yang kedua orang tua.

“Kami sebagai penjabat hanya bisa berupaya dan mengupayakan serta mendorong perubahan suasana Kota Metro,” ucapnya.

Qomaru juga menuturkan jika pendidikan dapat diperoleh di mana saja dan kapan saja. Yang artinya pendidikan tidak hanya bisa di dapatkan dengan formalitas saja, melainkan bisa didapat darimana saja.

Selain itu, ia juga sampaikan jika pendidikan akan berdampak sangat besar terhadap perilaku, kepribadian, etika dan sebagainya.

“Kalau pendidikan tidak menjamin ada perubahan besar dalam perubahan perilaku etika dan sebagainya, maka saya anggap pendidikan itu gagal. Kita sebagai Aparatur bertanggung jawab mampu merubah sikap, etika, etitude, dan lain sebagainya,” ajaknya.

BACA JUGA :   Pemkot Metro Raih Penghargaan Pelaksanaan Program Smart City dari Kemenkominfo

Di akhir sambutannya, Qomaru berharap jika melalui pendidikan harus dimulai dengan menumbuhkan peserta didik yang kritis, inovatif dan solutif, karena di masa depan akan adanya perubahan zaman dan menjadi tantang yang sangat berat.

“Saya percaya para pengawas, dewan guru di bawah komando Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Metro telah melakukan yang terbaik untuk Kota Metro terutama di bidang pendidikan nya,” pungkasnya. (*)