Parade Hari Kartini, Dorong Kreativitas Anak!

1,251 views
Siswi SD Alkautsar - Bandarlampung usai ikuti parade busana daerah untuk peringati hari kartini. Foto: Kirana

Oleh: Ria Yuliyantika, Amd.Keb.,C.Ht.,C.Hp

LAMPUNG- Setiap tahun, ada perayaan spesial untuk menghormati pahlawan wanita kita, R.A Kartini, seorang wanita hebat dari masa lalu yang memperjuangkan hak-hak perempuan.

Bahkan disekolah pun banyak yg mengadakan Parade Kartini Cilik. Di parade ini, anak-anak dapat menunjukkan kemampuan mereka dengan cara yang seru.

Apa saja sih sisi positif yang dapat anak peroleh ketika mengikuti parade ini ?

Lebih Percaya Diri
Partisipasi dalam Parade Kartini Cilik merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemandirian dan percaya diri pada anak-anak. Proses persiapan, latihan, dan akhirnya tampil di depan publik membantu mereka merasa lebih percaya diri dengan kemampuan dan keterampilan mereka sendiri.

Belajar Bersosialisasi
Berpartisipasi dalam sebuah parade melibatkan interaksi sosial dengan berbagai pihak, mulai dari teman sebaya hingga orang dewasa yang terlibat dalam organisasi acara. Anak-anak belajar untuk bekerja sama, berkomunikasi, dan berkolaborasi dalam tim, yang merupakan keterampilan sosial penting yang akan membantu mereka dalam kehidupan sehari-hari, karena di parade, anak-anak belajar cara bekerja sama, berbicara dengan orang lain, dan bekerja dalam tim. Itu akan membantu mereka dalam pertemanan baik dilingkungan luar dan juga di sekolah.

Menyalurkan Kreativitas
Diparade Kartini Cilik juga menjadi ajang bagi anak-anak untuk menyalurkan bakat dan kreativitas mereka dalam berbagai bentuk ekspresi, seperti seni pertunjukan, tarian, musik, dan lain-lain. Melalui proses ini, mereka belajar untuk mengidentifikasi minat dan bakat mereka sendiri, serta merasakan kepuasan dalam mengekspresikan diri. Mereka bisa mengekspresikan diri dengan bebas.

Mengalahkan Rasa Takut
Bagi sebagian anak, tampil di depan publik bisa menjadi pengalaman yang menakutkan dan menegangkan. Namun, melalui persiapan yang baik dan dukungan yang memadai dari orang tua dan pendamping, anak-anak belajar untuk mengatasi rasa takut dan kecemasan mereka, serta menghadapi tantangan dengan lebih percaya diri.

BACA JUGA :   Hari Ini, Wagub Lampung Kembali Dipanggil KPK Terkait Kasus Korupsi PUPR

Belajar Budaya indonesia
Anak-anak juga belajar tentang budaya Indonesia melalui parade ini. Mereka memakai pakaian tradisional dan menampilkan kebudayaan lokal, mengenalkan anak-anak pada warisan budaya dan identitas bangsa mereka. Dengan mengenakan kostum tradisional dan menampilkan budaya lokal dalam penampilan mereka, anak-anak belajar untuk menghargai dan mencintai keberagaman budaya Indonesia.

Parade Kartini Cilik bukan hanya acara biasa, tapi juga kesempatan bagi anak-anak untuk banyak belajar dan bersenang-senang dengan mengekspresikan diri mereka. Ini membuat mereka merasa istimewa dan bersemangat juga sangat bagus untuk mendukung perkembangan emosi anak.

Selamat Hari Kartini.