Presiden Jokowi Lantik Ketum Partai Demokrat AHY jadi Menteri ATR/BPN dan Hadi Tjahjanto jadi Menkopolhukam

1,557 views
Foto: Instagram @agusyudhoyono

JAKARTA- Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Menteri agraria dan tata ruang/kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (31/2/24).

Ya, AHY menempati posisi Hadi Tjahjanto yang didaulat menjadi Menteri koordinator bidang politik, hukum dan keamanan (Menkopolhukam) menggantikan Tito Karnavian yang sempat menjadi Plt lantaran Mahfud MD mengundurkan diri.

Pelantikan keduanya dilakukan secara bersamaan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 34 P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024, yang ditetapkan Presiden Joko Widodo di Jakarta, tanggal 20 Februari 2024.

“Demi Allah, saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ucap AHY dan Hadi saat menyatakan sumpah jabatan mengikuti ucapan Presiden Joko Widodo.

Dikutip dari Antara, AHY merupakan putra pertama Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Ia memulai karier di militer dengan masuk Akademi Militer (Akmil) tahun 1997.

Pria kelahiran 10 Agustus 1978 itu lulus Akmil tahun 2000 dengan predikat terbaik dan meraih Bintang Adi Makayasa.

AHY menjalani karier militer hingga pangkat mayor infanteri, sebelum dia memutuskan mundur dari TNI pada akhir tahun 2016 untuk serius terjun ke dunia politik mengikuti jejak sang ayah.

AHY pertama kali terjun ke dunia politik saat didaulat oleh Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Amanat Nasional (PAN) untuk menjadi calon gubernur pada Pilkada DKI Jakarta Tahun 2017.

Sementara itu, Hadi Tjahjanto merupakan Panglima TNI periode 2017-2021 yang kemudian ditugaskan oleh Presiden Jokowi menjadi menteri ATR/kepala BPN sejak Juni 2022. (ant/dim)

BACA JUGA :   RSUD Ahmad Yani Metro Siapkan Ruang Isolasi Khusus Virus Corona