Wakil Walikota Metro Qomaru Zaman Buka Ujicoba Agroceria Wisata

1,124 views

Kota Metro – Wakil Walikota Metro Drs. Qomaru Zaman, bersama dengan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Metro Heri Wiratno, membuka kegiatan ujicoba Agroceria Wisata di komplek Landbouw Park pusat pelatihan pertanian peternakan dan perikanan Metro Pusat, Sabtu pagi (17 Februari 2024).

Qomaru Zaman mengapresiasi kegiatan yang diikuti sekitar 80 orang anak-anak mulai dari jenjang TK hingga SMP, serta putera puteri pegawai DKP3 Metro ini. “Tentunya ini adalah hal baru, yang patut kita apresiasi, bagaimana Pemkot Metro melalui DKP3 memberikan wawasan khususnya kepada generasi penerus Metro, tentang mencintai dunia pertanian, tujuannya tentunya agar generasi ke depan tetap cinta pada profesi nenek moyangnya, sehingga ketahanan pangan nusantara tetap terjaga,” papar Qomaru.

Dari keterangan Heri Wiratno, Agroceria Wisata merupakan kegiatan rekreasi yang menyasar sektor pertanian, peternakan dan perikanan sebagai objek dengan tujuan wisata dan edukasi. Adapun manfaat kegiatan ini antara lain, untuk menumbuhkan kepedulian anak pada alam dan lingkungan, belajar bercocok tanam, mengenal jenis alat mesin pertanian, tanaman dan hewan, hiburan, olahraga dan mengembangkan kreativitas serta imajinasi anak.

Dengan Tagline “SEHARI JADI PETANI” anak-anak diajak untuk terlibat langsung dalam kegiatan FISHPEDIA (mengenal jenis-jenis ikan, memberi makan ikan dan mempelajari proses pembenihan ikan di Balai Benih Ikan), CHICKEN FARM TOUR (mengenal ayam kampung unggul dan mempelajari proses penetasan, fun feeding kelinci di Balai Pembibitan Ternak), TRAKTORKU SAYANG (mengenal alat mesin pertanian : traktor, combine, transplanter dll), YUKS MENANAM (Praktek menanam padi/sayur/tanaman holtikultura lainnya di Balai Benih Utama dan Alshintan), PLANTPEDIA (mengenal jenis-jenis tanaman sayuran di Green House Gertapaga) dan PANEN BERSAMA (mengenal jenis-jenis tanaman sayuran dan memanen sayuran di Balai Pelatihan Penyuluhan Pertanian).

BACA JUGA :   Qomaru Zaman Resmikan Forum Puspa

Agroceria wisata ini akan dibuka untuk umum, anak-anak PAUD, TK, SD sampai SMP baik di Metro maupun di luar Kota Metro. Pihak sekolah bisa mendaftar via wa di nomor 0813-6917-4278 untuk kemudian akan dijadwalkan kunjungannya oleh Tim Agroceria Wisata.

“Mari kita kenalkan dunia pertanian, peternakan dan perikanan pada anak-anak kita, untuk menumbuhkan kecintaan dan menciptakan generasi penerus petani-petani milenial guna mewujudkan cita-cita mulia Swasembada Pangan Bangsa Indonesia. Ketahanan Negara melalui Ketahanan Pangan,” ajak Heri. (*)