PMM Universitas Teknokrat Indonesia Disambut Antusias oleh Pelajar SDN 1 Teluk Pandan

4,902 views

LAMPUNG- Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) menggelar kegiatan Kontribusi Sosial di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Teluk Pandan, Hanura, Pesawaran.

Inisiatif ini merupakan bagian dari program yang dilaksanakan oleh mahasiswa yang tergabung dalam Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) UTI angkatan 3 yang di ketuai Hisyam Nur Harsqy.

Kegiatan Kontribusi Sosial ini juga menjadi bagian integral dari Modul Nusantara, menunjukkan komitmen UTI dalam memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar.

Salah satu bentuk kontribusi sosial yang dilaksanakan adalah melalui program Kampus Mengajar (KM). Dalam pelaksanaan KM, mahasiswa dibagi menjadi empat tim, yakni tim teknologi, tim literasi numerasi, tim Bahasa Inggris, dan tim olahraga. Setiap tim memiliki tugas mengampu rombongan belajar kelas 1, 2, dan 3 di SDN 1 Teluk Pandan. Kegiatan ini melibatkan partisipasi 200 siswa dan berlangsung dari jam 08.00 wib hingga 11.00 wib, menciptakan suasana pembelajaran yang penuh semangat dan interaktif.

Melalui Kontribusi Sosial ini, UTI berharap dapat memberikan manfaat nyata bagi perkembangan pendidikan di SDN 1 Teluk Pandan serta memperkuat ikatan sosial antara mahasiswa dan masyarakat. Semangat berbagi pengetahuan dan keterampilan menjadi ciri khas kegiatan ini, menciptakan momentum berharga bagi pertumbuhan bersama di tengah-tengah komunitas pendidikan.

Dalam satu kesempatan, Dosen Modul Nusantara, Dr. Afrianto menyatakan bahwa kegiatan kontribusi sosial ini merupakan perwujudan dari bakti generasi muda (mahasiswa) terhadap pendidikan di Indonesia walaupun dalam scope satu sekolah. Selain itu, pihak sekolah pun menyambut baik kegiatan. Kepala Sekolah, Meliana, S.Pd., mengungkapkan bahwa sekolah akan selalu mendukung kegiatan KM seperti ini karena dapat memberikan nuansa belajar bagi para siswa, apalagi ketika para mahasiswa yang masuk kelas dan melaksanakan pembelajaran. Dalam kegiatan ini, para siswa sangat antusias dan bersemangat mengikuti seluruh kegiatan.

Hisyam Nur Harsqy, ketua pelaksana kegiatan ini mengungkapkan bahwa merasa bahagia ketika melihat para siswa tersenyum dan tertawa, hal ini mengingatkan Kembali tentang masa kanak-kanak dahulu.

Di sela-sela kegiatan tersebut, mahasiswa yang menjadi bagian dari tim teknologi dengan penuh antusias mempersiapkan sebuah website khusus untuk kepentingan sekolah ini.

Website ini dirancang dengan tujuan utama sebagai alat promosi yang dapat mengangkat citra sekolah dan sekaligus menjadi wadah pengelolaan pembelajaran daring. Inisiatif ini mencerminkan kepedulian yang mendalam dari para mahasiswa terhadap pengembangan teknologi dalam dunia pendidikan.

Dengan menyajikan solusi yang modern dan terjangkau, mereka berusaha meningkatkan aksesibilitas informasi bagi seluruh pihak yang terlibat di dalam proses pendidikan, sekaligus mendukung pencapaian tujuan pendidikan yang lebih efektif dan efisien. Melalui langkah-langkah inovatif ini, mahasiswa tidak hanya menunjukkan keahlian teknis mereka, tetapi juga memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah ini.

Wakil Rektor UTI, Dr. H. Mahathir Muhammad, di lain kesempatan menyampaikan bahwa UTI akan senantiasa berupaya untuk mengembangkan teknologi yang dapat digunakan oleh masyarakat salah satunya adalah masyarakat pendidikan. Saat ini, UTI tengah mengembangkan Metaverse dan Artificial Intelligent (AI) dan pengembangan ini diorientasikan pada pendidikan.

Setelah menjalani serangkaian kegiatan yang penuh dedikasi, mahasiswa dengan penuh semangat menyerahkan hasil karyanya berupa website sekolah yang telah disiapkan.

Website ini diserahkan sebagai sumbangan berharga untuk kemajuan pendidikan di SDN 1 Teluk Pandan. Dengan penuh harap, mahasiswa berharap bahwa website ini tidak hanya menjadi sebuah sarana promosi yang efektif, tetapi juga dapat terus dikembangkan oleh pihak sekolah untuk memenuhi kebutuhan yang terus berkembang di era teknologi informasi.

Keinginan mahasiswa ini mencerminkan semangat kolaboratif antara mahasiswa dan sekolah dalam menjawab tantangan pendidikan modern. Melalui upaya ini, mereka berharap bahwa SDN 1 Teluk Pandan akan semakin maju dan berkembang, membawa manfaat positif bagi siswa, guru, dan seluruh komunitas pendidikan di lingkungan sekolah tersebut.(rls)