Kesenian Reyog dan Kuda Lumping Meriahkan HUT Ke-15 Tiyuh PJU

1,173 views

Tulang Bawang Barat – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke- 15 tiyuh (desa) Panaragan Jaya Utama (PJU), kecamatan Tulang Bawang Tengah, kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) turut dimeriahkan oleh berbagai seni budaya, Minggu (04/02/2024).

Berbagai pentas seni seperti Reyog Singo Joyo Gumelar, dan Jaranan (kuda lumping) bayu langit memeriahkan rangkaian kegiatan tersebut.

Acara rangkaian pergelaran seni yang dipusatkan diblantaran halaman kantor balai tiyuh setempat itu, dihadiri masyarakat tiyuh sekitar serta masyarakat tiyuh tetangga lainnya.

Kepala tiyuh Panaragan Jaya Utama, Supriyanto, S.H. menjelaskan rangkaian kegiatan seperti itu memang sudah dilakukan pihaknya pada setiap acara peringatan HUT tiyuh PJU, dan acara- acara seremonial lainnya.

“Kita adakan gelaran pentas seni reyog dan jaranan seperti ini dalam rangka serangkaian peringatan HUT tiyuh Panaragan Jaya Utama yang ke-15 tahunya pada tahun 2024 ini,” katanya.

“Ini merupakan pesta rakyat yang menghadirkan seni dan budaya. Serta kita juga mengadakan perlombaan bola volly antar suku. Sebelumnya kita juga telah melakukan pemotongan tumpeng menyambut HUT Ke-15 tiyuh PJU,” lanjutnya.

“Dan nanti malam kita akan melakukan istiqosah (do’a bersama) di aula (balai) tiyuh. Berdo’a bersama untuk keselamatan masyarakat, dan tiyuh agar kedepannya dapat lebih baik. Dengan bebagai macam kultur, agama, suku, dan budaya. Kita satukan dalam Bhibeka Tunggal Ika,” jelas kepala tiyuh PJU, Supriyanto, S.H.

Dirinya berharap dengan adanya momentum HUT ke-15 tiyuh PJU itu dapat membawa dampak positif bagi semua masyarakatnya. Serta dapat bersinergi membangun tiyuh kedepan. (Erw)

BACA JUGA :   TAF Masuk 110 KEN 2024, Pj Bupati Firsada : Tubaba Akan Jadi Pangung Seni Budaya Nasional dan Mendunia