Unila  

UPT Perpustakaan Unila Jalani Proses Peremajaan Sistem, Beralih dari eLib ke INLISLite

608 views

Bandar Lampung – Di era digital yang terus berkembang, perpustakaan sebagai lembaga penyedia informasi semakin aktif berinovasi untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pengunjung.

Salah satu langkah inovatif yang diambil oleh UPT Perpustakaan Universitas Lampung (Unila) adalah peremajaan sistem dengan migrasi sistem perpustakaan dari aplikasi Electronic Library on Web (ELIB) ke aplikasi otomasi perpustakaan terkini, INLISLite.

Proses migrasi ini bekerja sama dengan mahasiswa Komunitas Baca Perpustakaan Unila, dan dilaksanakan selama lima hari kerja, Senin hingga Jumat, 22-26 Januari 2024, di ruang Smart Room lantai tiga Perpustakaan.

Kepala UPT Perpustakaan Dr. Eng. Ir. Khairudin, S.T., M.Sc., menyatakan, migrasi ke INLISLite adalah langkah strategis dalam menjawab tuntutan zaman digital serta memperkuat layanan dan memudahkan akses informasi bagi pengunjung.

“INLISLite memberikan fitur-fitur canggih yang akan membantu pengguna perpustakaan dalam mengakses dan mencari informasi dengan lebih efisien. Kami berharap, peremajaan sistem dengan migrasi ini akan memberikan pengalaman ebih baik bagi semua pengunjung perpustakaan,” ujar Khairudin di ruang kerjanya.

Ketua Divisi Sistem Informasi dan Pengembangan Aplikasi Puput Budi Wintoro, S.Kom., M.T.I., menyampaikan, INLISLite singkatan dari Integrated Library System Lite, aplikasi otomasi perpustakaan INLISLite dibangun dan dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional RI (Perpustakaan Nasional RI) yang diketahui sebagai sistem yang menyediakan berbagai fitur canggih dalam pengelolaan perpustakaan.

“INLISLite dipilih sebagai pengganti eLib karena menyediakan antarmuka yang lebih modern dan fitur-fitur otomasi perpustakaan yang canggih. Puput menekankan INLISLite tidak hanya akan mempermudah pengelolaan koleksi perpustakaan, tetapi juga memberikan pengguna pengalaman pencarian dan akses informasi yang lebih baik,” ujarnya. (*)

BACA JUGA :   Tim MBKM BKP Membangun Desa Bantu Pasarkan Kerajinan Rajut Rejomulyo Lampung Selatan