Unila  

Rektor Unila bersama Gubernur Lampung Panen Perdana Kedelai Kebun Percobaan FP

689 views

Bandar Lampung – Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., IPM., ASEAN Eng., bersama Gubernur Lampung Dr. (HC) Ir. Arinal Djunaidi melakukan panen perdana kedelai hasil dari kebun percobaan penelitian yang dilakukan Fakultas Pertanian (FP) Unila. Kegiatan diadakan di Gadingrejo Utara, Kabupaten Pringsewu, Rabu, 20 Desember 2023.

Panen meliputi beberapa jenis varietas unggulan hasil penelitian FP Unila. Langkah ini merupakan tindak lanjut dari arahan Gubernur Lampung untuk menjadikan Provinsi Lampung sebagai lumbung kedelai guna mendukung program penurunan impor kedelai.

Rektor Unila Prof. Lusmeilia mengatakan, kebun percontohan kedelai ini merupakan yang pertama kali di Provinsi Lampung. Kebun tersebut merupakan hasil karya para peneliti Unila yang berhasil mengembangkan delapan varietas kedelai.

Ini adalah respons Unila terhadap gerakan tanam kedelai melalui berbagai program di Lembaga Penelitian Unila. Program tersebut mencakup pengumpulan berbagai varietas unggul nasional, pengujian adaptasi varietas yang paling sesuai dan diminati petani, serta pengrajin tahu dan tempe.

“Kami sangat mendukung gerakan tanam kedelai yang dicanangkan Gubernur Lampung,” ujarnya.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyatakan, panen perdana komoditas kedelai menandai kerja sama operasional yang baik antara perguruan tinggi dan pemeritah daerah. Ia menegaskan, Unila telah memberikan kontribusi besar bagi Lampung, dengan upaya memproduksi beberapa varietas yang dapat dipilih dan diproduksi masyarakat.

Pada kesempatan itu, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi juga mengingatkan pesan dari Kementerian Pertanian agar Unila dapat membuat demplot berskala besar untuk kepentingan masyarakat, setidaknya 10 hektare. Ia menambahkan, hal ini akan menjadi kerja sama dengan BUMN, CSR, PTP, perbankan, dan pihak lain.

“Kita harus melakukan percepatan pembangunan, apa yang sudah dilakukan di sini harus dicatat, diketahui kelemahannya, ,diperbaiki serta ditingkatkan,” ungkap Arinal Djunaidi.

BACA JUGA :   Tim Project Implementation Unit RSPTN Unila Laksanakan Focus Group Discussion

Turut hadir pada kegiatan ini, Kepala Perwakilan Bank Indonesia untuk Wilayah Lampung Budiono, Wakil Rektor Bidang Akademik Unila Dr. Eng Suripto Dwi Yuwono, Dekan FP Unila Dr. Kuswanta Futas Hidayat, Ketua LPPM Unila Dr. Habibullah Jimad, jajaran kepala dinas di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, Kepala Karang Taruna Provinsi Lampung Dendi Ramadhona, masyarakat petani Pringsewu, pengrajin tempe dan tahu serta awak media (*)