Gantikan Syamsuar, Presiden Joko Widodo Lantik Edy Nasution sebagai Gubernur Riau

1,912 views

JAKARTA- Presiden RI Joko Widodo melantik Brigjen TNI (Purn) Edy Afrizal Natar Nasution SIP sebagai Gubernur Riau untuk sisa masa jabatan 2019-2024. Pelantikan ini dilakukan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (27/11/23) sekitar pukul 10.15 WIB,.

Pelantikan Edy Natar diatur dalam Keppres No. 114 P Tahun 2023 tentang pemberhentian wakil gubernur Riau dan pengesahan pengangkatan Gubernur Riau sisa jabatan 2019-2024. Dalam sumpai jabatannya, Edy Natar berjanji akan memenuhi kewajibannya sebagai gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, serta menjalankan hukum dan peraturan dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa.

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang, dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa,” ucap Jokowi mendiktekan penggalan sumpah jabatan tersebut.

Selanjutnya Presiden juga mengucapkan selamat kepada Edy Natar Nasution sebagai Gubernur Riau yang baru dilantik.

Edy Natar, dalam pernyataannya kepada media, mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi atas kepercayaan yang diberikan kepadanya. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak dan masyarakat Riau yang telah memberikan dukungan moral terhadap dirinya. Ia berharap dapat menjalankan tugas dan amanah tersebut dengan baik sesuai dengan sumpah jabatannya.

Ketika ditanya tentang prioritasnya dalam satu bulan ke depan, Edy Natar Nasution akan melanjutkan visi misi nya bersama Gubernur Riau Syamsuar dulu setelah dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Riau periode 2019-2024.

“Dalam waktu yang singkat ini Saya akan melanjutkan visi misi kami dengan pak Syamsuar seoptimal mungkin. Saya juga akan melakukan komunikasi dan kordinasi dengan seluruh bupati dan walikota serta stakeholder lainnya untuk mensinergikan kebijakan-kebijakan yang muaranya kesejahteraan seluruh masyarakat Riau,” ucap Edy Nasution.

Edy juga berucap syukur kehadirat Allah SWT atas ridho Nya selama ini yang melancarkan semua tugas-tugas kerakyatan yang mereka lakukan selama bersama Syamsuar.

Selain pelantikan Gubernur Riau, Presiden Jokowi juga mengambil sumpah Nawawi Pomolango sebagai Ketua KPK sementara mengganrikan Firli Bahuri yang menjadi tersangka dugaan korupsi pemerasan bekas Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang ditangani Polda Metro Jaya.(pjs)