Unila  

Tertarik Eksplorasi Budaya Nusantara, Mahasiswa Unila Ikuti PMM Unpad

656 views

BANDAR LAMPUNG – Tertarik mengenal keberagaman budaya nusantara, Muhammad Abror Zaky, mahasiswa program studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum (FH) Universitas Lampung (Unila) mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PPM) batch tiga.

Zaky menjelaskan keikutsertaannya pada program ini karena termotivasi untuk mengenal lebih dalam arti dari Bhineka Tunggal Ika, yang mengajarkan pentingnya persatuan dalam keragaman di Indonesia.

Dirinya berkesempatan mengikuti program PMM di Universitas Padjajaran (Unpad), Bandung, Jawa Barat, selama satu semester. Kesempatan itu memberinya pengalaman berharga dalam lingkungan akademik yang beragam dan dinamis.

Selama program berlangsung, Zaky bersama mahasiswa lainnya mengeksplorasi banyak situs budaya dalam kelas khusus PMM tiga, yaitu Modul Nusantara. Pada kegiatan ini, Zaky bersama mahasiswa PMM lain melakukan perjalanan wisata, salah satunya kebudayaan suku Sunda.

“Di sini saya belajar banyak tentang budaya suku Sunda, yang sebelumnya saya tidak begitu tahu. Saya juga kagum dengan kekayaan sumber daya alam Indonesia, yang saya lihat di museum geologi Bandung,” kata Zaky.

Semasa berkuliah di Fakultas Hukum Unpad, Zaky belajar untuk selalu menjaga sikap sebagai mahasiswa dengan penuh integritas, dedikasi, dan kedisiplinan, serta berkontribusi aktif dalam kegiatan kampus.

Dirinya berharap, program ini dapat terus menjadi motivasi untuk banyak mahasiswa lain. Menurutnya, dengan terselenggaranya program ini rasa persatuan dan cinta tanah air bisa semakin kuat di kalangan generasi muda. (*)

BACA JUGA :   Rektor Unila Umumkan Hasil Seleksi Penerima Beasiswa Pascasarjana