SMK YPIB Tumijajar Berlisensi LSP – BNSP

958 views

TUBABA- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yayasan Pendidikan Imam Bonjol (YPIB) yang terletak tiyuh Murni Jaya, kecamatan Tumijajar, kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) penuhi standar kompetensi lulusan bersertifikat dari Lembaga Standar Profesi (LSP) yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Dijelaskan kepala sekolah SMK YPIB Tumijajar, Apit saat dijumpai di ruang kerjanya, Senin (23/10/2023), Ia menjelaskan sekolahnya merupakan sekolah kejuruan yang berstatus swasta. Namun untuk standar kompetensi dan mutu lulusan tidaklah diragukan.

Hal itu dikarenakan SMK YPIB setiap alumni selalu dibekali dengan kompetensi yang memumpuni pada bidang jurusan program studi (prodi) masing- masing jurusan yang ada disekolahnya. Yaitu jurusan Farmasi, dan jurusan keperawatan.

“Para alumni kami diberi bekal skill atau kemampuan pada bidangnya masing- masing, yang dibuktikan dengan sertifikat berupa kompetensi lulusan dari lembaga Standarisasi Profesi (LSP) yang diterbitkan oleh pihak Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP),” ujar Apit.

“Tujuannya adalah untuk dapat dipergunakan pada saat mencari pekerjaan dan akan pasti menjadi pertimbangan bagi perusahaan ataupun penyedia jasa lapangan kerja,”jelasnya.

Ia kembali menambahkan untuk ujian kompetensi LSP sekolah swasta kejuruan di propinsi Lampung hanya terdapat pada SMK YPIB, Muhamadiyah metro, Ma’arif NU, Global Madani Bandar Lampung, Karang Anyar, dan Kusuma Bangsa.

Untuk jumlah dewan guru secara keseluruhan terdapat 26 guru, dan 7 guru profesi yang mengajar pada bidang studi jurusan keperawatan dan farmasi. Sementara untuk mata pelajaran (mapel) kelas X terdapat 21 mapel, dan kelas XI dan XII hanya 12 mapel. (*)

BACA JUGA :   Listrik Padam, Ratusan Personil PLN Lampung Kejar Sumber Masalah!