Unila  

Mahasiswa Agribisnis Juara Indonesian Science Competition

652 views

Bandar Lampung – Lulu Dinka Cahya Putri, mahasiswa Agribisnis Universitas Lampung (Unila) angkatan 2022 berhasil menoreh prestasi tingkat nasional.

Lulu, sapaan akrabnya, meraih medali emas di bidang bahasa Indonesia pada Indonesian Science Competition 2023 yang diselenggarakan Pusat Kejuaraan Sains Nasional (Puskanas).

Seperti ujian bahasa Indonesia pada umumnya, kompetisi ini memuat banyak teks dengan banyak makna tersirat dan mewajibkan para peserta untuk fokus dan cepat tanggap dalam pengerjaannya.

Selain itu, dengan waktu yang terbatas dan teks yang panjang, olimpiade ini juga mengandung banyak soal Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Dalam upayanya mempersiapkan olimpiade, Lulu mengulangi soal-soal tes Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) yang dapat diakses online secara gratis dan mengulas materi perkuliahan yang dipelajari di semester lalu.

Prestasi ini mengajarkan Lulu sebuah pelajaran berharga, meskipun bahasa Indonesia sering dianggap sederhana sebenarnya memerlukan pemahaman yang mendalam.

Lulu sangat bersyukur karena usaha kerasnya membuahkan hasil maksimal. Baginya, kesuksesan ini menjadi bukti ketika seseorang memiliki keinginan, sebaiknya segera dilakukan dan tidak biarkan overthinking menghalangi langkah.

“Kamu tidak pernah tahu bahwa rezekimu mungkin ada di perlombaan atau event tertentu,” kata Lulu.

Lulu juga berencana untuk terus mengembangkan dirinya dalam bidang kebahasaan dengan membaca lebih banyak buku dan mengikuti berbagai pelatihan serta webinar yang relevan.

“Untuk teman-teman mahasiswa lainnya jangan takut mencoba dan manfaatkan setiap peluang yang ada di depan kita,” pungkasnya. (*)

BACA JUGA :   Rektor Unila Umumkan Hasil Seleksi Penerima Beasiswa Pascasarjana