Jelang Konferwil NU XI Lampung, Ini Kata Gus Sodiq

1,802 views

METRO- Pelaksana Konferensi Wilayah (Konferwil) XI Nahdlatul Ulama (NU) Provinsi Lampung tinggal menghitung hari. Ya, konferwil NU bakal digelar pada 29-30 Juli 2023.

KH (Dr.Chand) Khudratulla Sidiq Khusnan SH.M.Pd atau yang lebih akrab disapa Gus Sodiq berharap agar gelaran ini berjalan lancar yang hasilnya bisa membawa kemaslahatan untuk umat.

“Saya salah satu peserta mengajak ke seluruh pengurus (PWNU Lampung) untuk jadikan contoh bagi Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) di daerah lain nya,” ujarnya.

Kepada Senator.ID, Gus Shodiq memaparkan bahwa dalam hajatan NU di Bumi Ruwa Jurai ini diikuti oleh oleh pengurus cabang yang mempunyai hak suara.

“Sedangkan majelis wilayah cabang NU dapat mengikuti Konferensi wilayah tetapi tidak memiliki hak suara,” ungkapnya.

Ini didasarkan pada Surat keputusan Pengurus Pusat No.790/PB.03/A.1.03.44/99/07/23 tentang Konfrensi Wilayah XI Nahdlatul Ulama Provinsi Lampung 2023 yang ditandangi Ketua PBNU KH Yahyah Cholil.

Oleh karena itu, ia pun meminta dukungan dari kalangan masyarakat, lembaga, organisasi, birokrasi pemerintahan, pendidikan, agar Konferwil XI NU Lampung yang pertama yang digelar panitia ini bisa berjalan Lancar, profesional, berjalan baik dan sukses.

Pada bagian lain, ia menyebutkan bahwa dalam konferwil ini akan dibahas terkait keorganisasian dan masalah-masalah sosial keagamaan, pendikan kader NU.

“Untuk keorganisasian akan membahas sosialisasi sekaligus bagaimana organisasi NU yang modern menjadi struktur yang berjalan efektif dari pusat sampai kebawah. Membahas bagaimana NU menjadi organisasi yang hidup, bergerak dinamis, mandiri, termasuk tentang peraturan-peraturan,” kata dia.

Kemudian, lanjut dia, terkait masalah-masalah sosial keagamaan, Konferwil akan membahas pengembangan pemahaman agama dan perilaku berbangsa yang moderat, tidak berafiliasi dan terpapar radikalisme.(pan/red)

BACA JUGA :   DPRD Metro Gelar Rapat Paripurna terkait Raperda Pajak dan Pengelolaan Barang Milik Daerah