Soal Ribuan Sertifikat Warga Sungai Langka, Warga Didampingi FMPB Sambangi BPN Pesawaran

289 views

PESAWARAN- Perwakilan warga Desa Sungai Langka, Gedongtataan bersama Ketua Umum Mursalin dan Ketua Harian Forum Masyarakat Pesawaran Bersatu ( FMPB ) Pesawaran, Saprudin Tanjung sambangi Kantor ATR/ BPN Kabupaten Pesawaran, Kamis (20/7/23)

Kedatangan ke Kantor Pertanahan tersebut, untuk mempertanyakan sejauh mana  progres yang sudah dilakukan pihak BPN terhadap janji yang telah diucapkan Kepala BPN Pesawaran sebelumnya, Aan Sumarna yang berjanji di akhir tahun 2023 ini, akan menuntaskan soal kepemilikan sertifikat  ribuan warga  Desa Sungai Langka yang hilang/tidak  jelas keberadaannya pasca pelaksanaan Program PRONA yang diikuti di tahun 1977 lampau.

” Ya, kita kesini, ingin menanyakan komitmen pihak BPN Pesawaran, terkait  janjinya yang diucapkan pada Desember 2022 lalu, yang akan menuntaskan terhadap keinginan ribuan warga Sungai Langka untuk memiliki Sertifikat atas tanahnya, yang sejak 1977 tidak ada kejelasannya,” ucap Ketua Harian FMPB Pesawaran, Saprudin Tanjung.

” Kita juga ingin tahu, sudah sejauh mana progres kerja dari pihak BPN, yang sudah dilaksanakan sejak dilaporkan pada, dalam memenuhi keinginan warga untuk segera mendapatkan sertifikat, sebagaimana yang dijanjikan,” ucap Tanjung lagi.

Sementara Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Pesawaran, Sri Rejeki melalui PLH Kabag TU, Syafiin menjelaskan, bahwa untuk kegiatan yang sedang dilakukan pihaknya terhadap keinginan warga Desa Sungai Langka untuk memiliki sertifikat atas lahannya itu, sampai saat ini masih terus berjalan.

Dia juga mengatakan untuk progres, yang sudah dilakukan pihaknya, telah melalui sejumlah tahapan, dari mulai pemotoan tegak dari udara dan pemetaan lahan melalui darat, yang dilanjutkan dengan proses kelengkapan data selalu pemohon.

” Sementara ini,  kita sudah selesaikan sejumlah tahapannya dari pemotoan, pemetaan sampai kelengkapan data yang diperlukan sebagai syarat permohonan,” ujarnya.

BACA JUGA :   Aries Sandi Siap Tarung di Pilkada Serentak 2024

Lebih lanjut dikatakannya, mengingat kondisi yang dihadapi di lapangan, yang sangat komplek, pihaknya belum berani  memberikan target sebagaimana yang dijanjikan oleh kepala BPN Pesawaran sebelumnya.

” Kami tidak berani memberikan target yang muluk- muluk, apalagi saya liat terlalu banyak masalah yang kita temukan di lapangan, yang perlu kita urai secara teliti agar serifikat yang kita berikan nanti, tidak ditemui ada kesalahan di kemudian harinya, itu yang tidak kita ingini,” ungkapnya

Untuk itulah lanjutnya, pihaknya sangat berharap kepada semua yang terlibat untu bersama- sama mengajak kepada warga pemohon untuk berkata sejujur- jujurnya terhadap, problem masalah, yang menjadi kendala terhadap status tanah yang akan disertifikatkan tersebut.

” Untuk kelancaran agar program serifikat bisa cepat dituntaskan, kita minta kepada semua, untuk mengajak warga berkata jujur terhadap status tanahnya yang akan disertifikatkan,” harapnya

” Sebab saya lihat dan temui, masih banyak warga yang tidak jujur akan status lahannya, yang akan disertifikatkan, itu yang gak kita ingini,” sambungnya.

Sedang,  Pak Untung selaku perwakilan warga Desa Sungai Langka , menyambut baik progres kerja  yang sudah dilakukan pihak BPN sampai saat ini di desanya.

Menurut untung pihaknya tidak ingin terlalu mendesak atau menargetkan  BPN untuk secepatnya menuntaskan program sertifikat di desanya tersebut. Terpenting bagi Dia BPN terus bekerja optimal dalam menyelesaikan program yang memang sangat ditunggu warga tersebut.

” Bagi kami, yang penting BPN tetap dan terus bekerja, dalam merealisasikan keinginan untuk kami memiliki sertifikat, masalah cepat lambatnya bagi kami itu ralatif,” tukasnya (rid)