Unila  

Mahasiswi FKIP Unila Raih Juara 1 Lomba Microteaching Tingkat Nasional

825 views

Bandar Lampung – Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung (Unila) berhasil mengukir prestasi membanggakan pada lomba Microteaching yang diadakan Forum Komunikasi FKIP Negeri se-Indonesia di Universitas Khairun Ternate, Maluku Utara, awal Juli 2023.

Maricha Marulina Nainggolan, mahasiswi Program Studi Pendidikan Biologi, berhasil meraih juara 1 dalam kategori lomba microteaching saintek dengan mengangkat materi tentang pertumbuhan dan perkembangan manusia.

Saat diwawancarai tim website, Maricha, yang akrab disapa Ica, mengungkapkan, ketertarikannya pada lomba tersebut berawal dari minat dan kecintaannya terhadap mata kuliah microteaching.

Selain itu, ia merasa tertantang untuk menciptakan perangkat pembelajaran yang efektif bagi para siswa. Lomba ini menjadi kesempatan baginya untuk mengasah kemampuan berkomunikasi dan kemampuan mengajar yang akan berguna ketika ia menjadi guru.

“Dengan mengikuti lomba ini, saya ingin membuktikan bisa menjadi guru yang asik dan efektif,” ungkap Ica.

Meskipun persiapan yang dimilikinya terbilang singkat, hanya selama tiga hari, Ica berhasil memanfaatkan waktu tersebut dengan maksimal. Ia menyusun skenario pembelajaran, merancang perangkat pembelajaran, serta merekam video dari sesi microteaching yang akan ia presentasikan.

Selama proses persiapannya, Ica didampingi dua dosen pembimbing, yaitu Median Agus Priadi, S.Pd., M.Pd., dan Mujiyati, S.Pd., M.Pd., yang memberikan bimbingan serta dukungan selama lomba berlangsung.

Namun Ica mengakui, pembuatan konten microteaching bukan hal yang mudah. “Menurut saya, bagian paling sulit yakni membuat skenario apersepsi dan pertanyaan pemantik yang sesuai dengan materi, tetapi juga harus tetap relevan dengan konsep yang akan dipelajari,” jelasnya.

Keikutsertaannya dalam lomba ini membuka wawasan baru bagi Ica mengenai dunia pendidikan. Interaksi dengan peserta dari universitas lain menginspirasinya untuk lebih kreatif menciptakan metode pembelajaran yang menarik. Ia memperoleh pengetahuan tentang teknik-teknik mengajar yang lebih interaktif dan efektif dalam menarik perhatian siswa.

BACA JUGA :   Dua Mahasiswa FH Unila Raih Prestasi di IFoPH 2023

Tidak hanya itu, Ica mengungkapkan pengalaman lomba microteaching ini memberikan dampak positif bagi perkembangan dirinya secara pribadi.

“Pengalaman lomba microteaching meningkatkan rasa percaya diri saya, memberikan wawasan baru tentang dunia pendidikan, dan memberi kesempatan untuk memperluas jaringan sosial. Bagi saya, ini pelajaran berharga yang tak akan pernah terlupakan,” kata Ica dengan semangat.

Ica berharap, masa depannya sebagai seorang guru akan terus tumbuh dan berkembang. Ia berencana untuk berkolaborasi dengan komunitas pendidikan, memiliki pengaruh yang lebih luas, serta menjaga keseimbangan dalam kehidupannya.

Dengan meraih gelar juara 1 dalam lomba microteaching tersebut, Ica membuktikan dedikasi dan semangatnya dalam dunia pendidikan telah membuahkan hasil membanggakan. Tidak hanya untuk dirinya sendiri tetapi juga untuk Universitas Lampung dan FKIP sebagai lembaga pendidikan yang mendukung prestasinya. (*)