Bupati Dendi Pimpin Musrembang Teluk Pandan Pesawaran

1,077 views

PESAWARAN – Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona pimpin Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Teluk Pandan dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Pesawaran Tahun 2023 di Balai Desa Hanura Kec. Teluk Pandan, Kamis (23/2/23)

Dalam arahannya Dendi mengingatkan bahwa orientasi kegiatan yang akan dilaksanakan di tahun 2023 tidak hanya fokus pada pembangunan di bidang infrasrtuktur saja , tapi juga bidang kesahatan, yang juga menjadi prioritas termasuk stunting, yang sangat penting untuk menjaga pertumbuhan anak dari tingkat TK sampai SD. 

“Program stunting harus menjadi prioritas untuk dilaksanakan. Ini penerapannya harus selaras baik dari tingkat provinsi sampe tingkat desa, agar program itu dapat berjalan dan cepat terealisasi , programnya harus searah jangan sampai  berbeda beda,” ucap Dendi.

Benar kata Dendi,  bahwa pembangunan jalan memang penting  namun sekolah, kesehatan masyarakat dan jembatan yang rusak itu lebih penting untuk di pioritaskan, maka dari itu acara Musrenbang ini dilaksanakan guna memilah dan memilih mana yang menjadi prioritas  untuk di dahulukan. 

“Makna dari Musrenbang ini adalah memilah dan memilih program mana yang lebih prioritas untuk didahulukan, pembangunan jalan memang penting namun kesehatan masyarakat,  sekolah dan jembatan – jembatan yang rusak itu lebih penting untuk di pioritaskan,” ujarnya

“ Hari ini kita kembali dapat berkumpul bersama melaksanakan musrenbang Kecamatan setelah 3 tahun vacum akibat pandemi covid yang terjadi , sebenarya musrenbang bisa di lakukan dengan daring, tapi saya rasa kurang afdol, karena lebih baik bertemu secara langsung, ” imbuhnya.

Dendi menambahkan bahwa perencanaan itu sangat penting  tapi tidak semua bisa direalisasikan karena jumlah anggaran yang terbatas, maka sebab itu perlunya musyawarah,  agar prioritas pembangunan bisa di dahulukan,  musyawarah harus di lakukan secara berjenjang dari tingkat  RT, Desa sampe tingkat Kabupaten .

BACA JUGA :   Bupati Dendi Minta Kepala Desa Kerja Optimal

Perihal Pendidikan, Dendi ingin warga di Kecamatan Teluk Pandan dapat meningkatkan kapasitas Pendidikan Anak sampai ke bangku Kuliah. 

“ Indeks pendidikan anak di teluk pandan hanya sampe 12 tahun, artinya banyak minat anak-anak untuk lanjut ke sekolah tinggi masih rendah, saya berharap kepada orang tua agar dapat membangun minat dan mendukung anak – anaknya untuk melanjutkan pendidikam ke jenjang yang lebih  tinggi,” kata Dendi.

Pemkab Pesawaran berkerjasama dengan Institut Diniyah Lampung ( Instidla ) yang berada di Kabupaten Pesawaran mendukung anak anak untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. 

“Pesawaran punya sekolah tinggi di Desa Negri Sakti Kecamatan Gedong Tataan, Kampus Instidla namanya, kampus itu memiliki 4 mata kuliah yang bisa di ambil, mata kuliah tersebut penting karena di butuhkan global dan kami punya beasiswa untuk anak yang berprestasi ,” imbuhnya. 

“Kepada Bapak Ibu yang mau menyekolahkan anak ke jenjang yang lebih tinggi bisa di kuliahkan di kampus tersebut, selain meningkatkan kapasitas SDM kita juga demi mewujudkan program 1 Desa 1 Sarjana,” timpalnya.

Dalam bidang pembangunan, Bupati pesawaran mengatakan pembangunan juga sudah di lakukan  sejak 2016 tapi infrastruktur hanya bertahan sebentar sudah rusak lagi. Dendi juga menyampaikan untuk Masyarakat Kecamatan Teluk Pandan supaya dapat menjaga infrastruktur yang sudah di bangun jangan sampai dirusak oleh pihak dari luar. 

“Pembangunan juga sudah di lakukan dari 2016 tapi insfrastruktur hanya bertahan selama 3 bulan lalu rusak lagi. Kerusakan tersebut banyak sebab, bisa karena faktor alam, faktor pembangunanya kurang bagus, tapi yang paling penting banyak mobil mobil yang tidak bertanggung jawab  yang buat rusak” ucapnya.

Dendi mengajak dari masyarakat dari desa sampai kecamatan harus kompak  menjaga infrastruktur jalan  dengan cara mangawasi batasan muatan mobil perusahaan swasta supaya terjaga jalanya dan tidak cepat rusak. (*)

BACA JUGA :   Ketua TP PKK Provinsi Lampung Hadiri Perayaan Natal Perempuan Kristen se-Lampung