Syarif Hidayat Gelar Sosialisasi PIP dan Wawasan Kebangsaan di MAN 2 Bandar Lampung

959 views

Bandar Lampung – Anggota DPRD Provinsi Lampung Dapil 1, H. Syarif Hidayat, ST.,MM, menggelar Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan kepada siswa MAN 2 Bandarlampung, bertempat di Aula MAN 2 Balam pada Sabtu (25/02).

Kegiatan ini dilaksanakan dengan peserta terbatas dengan standar protokol kesehatan dan diikuti oleh sebanyak 70 siswa dari siswa kelas XII dan XI serta menghadirkan dua nara sumber yaitu DR. Zulkarnain Ridwan, S. H., M.H yang merupakan dosen Fakultas Hukum Universitas Lampung dan Noperdayati, S. Pd. yang merupakan guru bidang study PKn di MAN 2 Bandar Lampung.

Wakil kepala bidang Humas MAN 2 Bandar Lampung, Evayani, S.Pd. mewakili kepala madrasah dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada anggota DPRD Provinsi Lampung serta para narasumber yang telah melakukan sosialisasi dan memberikan materi tentang Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, tentunya sangat bermanfaat sekali untuk para peserta didik.

“Kegiatan ini sangat penting untuk menanamkan kembali pentingnya kesadaran berbangsa pada setiap remaja di lingkungan madrasah dalam mencegah perpecahan dan konflik sosial,” kata Eva.

Lebih lanjut Eva menambahkan bahwa “remaja sekarang ini hanya hapal isi dari Pancasila namun cenderung tidak memahami makna dari Pancasila itu sendiri. Oleh karena itu dengan mengikuti sosialisasi ini diharapkan siswa MAN 2 Bandar Lampung memiliki pemahaman yang lebih luas dan mendalam tentang apa yang terkandung dalam Pancasila dan UUD 1945 serta menerapkannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Anggota DPRD Provinsi Lampung H. Syarif Hidayat dalam sambutannya mengatakan bahwa sosialisasi yang dilaksanakan merupakan salah satu bentuk pembinaan ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan agar lebih dipahami oleh seluruh elemen masyarakat dalam hal ini putra- putri generasi bangsa yang ada pada lingkungan pendidikan.

BACA JUGA :   Bicara Media, Ketua DPRD Lampung: Saya Pernah Jadi Penulis Tajuk

“Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan seluruh elemen masyarakat terutama para generasi muda memiliki pemahaman yang benar tentang Pancasila dan Wawasan kebangsaan. Karena ada beberapa paham yang benar-benar harus kita hindari sebagai bangsa Indonesia yaitu : komunisme, liberalisme, kapitalisme dan ektrimisme keagamaan,” papar Syarif Hidayat.

Sementara itu narasumber dari Universitas Lampung, DR. Zulkarnain Ridwan, S. H., M.H. menyampaikan bahwa pembinaan ideologi pancasila dan wawasan kebangsaan ini menurutnya sangat penting dalam rangka meningkatkan dan mempererat persatuan dan kesatuan bangsa, terlebih di negara yang terdiri dari bermacam-macam suku bangsa dan agama. “Pemahaman yang komprehensif terhadap Pancasila yang dilahirkan oleh segenap potensi bangsa, para pejuang dan juga ulama serta tokoh agama-agama lainnya, serta pemahaman terhadap UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika juga merupakan modal utama untuk membangun bangsa dan negara yang terdiri dari banyak ragam suku bangsa dan agama atau kepercayaan,” ujarnya.

Nara sumber kedua, Noperdayati, S.Pd. menjelaskan fungsi dari Pancasila dan UUD 1945. Menurutnya Pancasila sebagai dasar negara Indonesia dalam kehidupan masyarakat memiliki fungsi penting dalam kehidupan sehari-hari warga negara.

“Pancasila memiliki beberapa fungsi selain sebagai dasar negara juga merupakan pandangan hidup, kepribadian dan jiwa bangsa Indonesia serta sebagai sumber hukum Negara Indonesia. Sementara tujuan dari bangsa kita sudah termaktuf dalam UUD 1945 alinea ke empat. Jadi semua tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia sudah diatur dengan rinci dan jelas,” paparnya.

“Jadi anak-anak semua sebagai penerus perjuangan bangsa harus memiliki pemahaman yang tidak setengah-setengah agar tidak salah kaprah. Karena maju mundurnya bangsa ini ada di tangan kalian, ada di tangan kita semua,” pungkas Noper (*)

BACA JUGA :   Soal Palestina, Wakil Ketua DPRD Lampung Minta Umat Islam Lakukan Qunut Nazilah