Rektor Kembali Reshuffle 39 Perangkat Akademik IAIN Metro

1,502 views

Metro – Mengawali kinerja di tahun 2023, hari ini (Jumat, 13/01/2023) IAIN Metro kembali laksanakan pengambilan supah dan pelantikan perangkat akademik. Pelaksanaan pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan adalah dalam upaya reshuffle yang dilaksanakan oleh Rektor IAIN Metro dengan mengambil tempat di Gedung Serba Guna (GSG) Kampus I IAIN Metro.

Sebanyak 39 jabatan perangkat akademik hari ini kembali dilakukan reshuffle oleh Rektor IAIN Metro Dr. Hj. Siti Nurjanah, M.Ag., PIA., mulai dari pimpinan di rektorat, fakultas, pascasarjana, lembaga, hingga unit-unit.

Sebanyak 2 jabatan dilingkungan rektorat yang dilakukan reshuffle kali ini, yaitu jabatan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan (Wakil Rektor 1) yang sebelumnya dijabat oleh Prof. Dr. Ida Umami, M.Pd. Kons. dilimpahkan kepada Prof. Dr. Suhairi, M.H. yang saat ini juga masih menjabat sebagai Ketua Senat IAIN Metro. Sedangkan posisi kedua jabatan Wakil Rektor 2 (Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan) kali ini dijabat oleh Dr. Hj. Akla, M.Pd. yang sebelumnya menjabat sebagai Dekan Fakultas Adab dan Dakwah (FUAD) menggantikan posisi Dr. Dri Santoso, M.H.

Untuk tingkat fakultas, sebanyak 3 posisi Dekan digantikan oleh pejabat yang baru yaitu Dekan Fakultas Syri’ah yang sebelumnya dijabat oleh Husnul Fatarib, Ph.D. digantikan oleh Dr. Dri Santoso, M.H. yang pindah dari jabatan sebelumnya sebagai Wakil Rektor 2. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) saat ini dijabat oleh Dr. Siti Zulaikha, S.Ag., M.H. yang sebelumnya merupakan Wakil Dekan 1 (Bidang Akademik dan Kelembagaan) FEBI menggantikan Dr. Mat Jalil, M.Hum. Untuk Jabatan Dekan FUAD digantikan oleh Dr. Aguswan Khotibul Umam, S.Ag., M.A. yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM).

Pada Program Pascasarjana posisi Wakil Direktur kali ini diemban oleh Dr. Ahmad Zumaro, MA. yang sebelumnya memangku jabatan sebagai Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) pada program Pascasarjana S2.

Selain posisi Dekan, pada tingkat fakultas juga terjadi perombakan pada Wakil Dekan. Beberapa Wakil Dekan yang digantikan yaitu pada Fakultas Sayri’ah, Wakil Dekan 1 Fakultas Syari’ah yang sebelumnya dijabat oleh Zumaroh, M.E.Sy. digantikan oleh Elfa Murdiana, M.Hum. dengan jabatan sebelumnya sebagai Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan. Nety Hermawati, MA, MH. dari jabatan sebelumnya Wakil Dekan 3 (Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama) Fakultas Syari’ah menjadi Wakil Dekan 2 (Bidang Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan) Fakultas Syari’ah menggantikan Rina El Maza, S.H.I., M.S.I.. Sementara Jabatan Wakil Dekan 3 Fakultas Syari;ah digantikan oleh Nizaruddin, S.Ag, MH. yang sebelumnya menjabat sebagai sekretaris LPM.

BACA JUGA :   Wahdi Pimpin Rakor Pencegahan Korupsi

Pada FEBI juga terjadi beberapa perombakan jabatan, mulai dari Wakil Dekan 1 dijabat oleh Dr. Mufliha Wijayati, M.S.I. yang meninggalkan jabatan sebagai Kepala Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA). Sedangkan Wakil Dekan 3 yang sebelumnya dijabat oleh Liberti, S.E., M.M. kali ini gantikan oleh Dharma Setyawan, M.A. dengan jabatan sebelumnya sebagai Ketua Program Studi Ekonomi Syari’ah.

Jabatan Wakil Dekan juga terjadi perombakan pada Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah, dari Hemlan Elhany, S.Ag, M.Ag digantikan oleh Dr. Dedi Irwansyah, M.Hum yang harus melepas jabatan sebagai Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM).

Sedangkan untuk Lembaga yaitu, Buyung Syukron, S.Ag. SS, MA. yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Satuan Pengawas Internal (SPI) mendapat jabatan baru sebagai Ketua LPM, yang didampingi oleh Dr. Ahmad Muzaki, M.Pd.I. sebagai Sekretaris LPM, Sedangkan untuk Katua LPPM dijabat oleh Imam Mustofa, M.Si. yang baru saja melakukan ujian promosi doctor, dengan Ahmad Syarifudin, M.H. sebagai sekretaris. Kepala Pusat Penelitian dan penerbitan dijabat oleh Nurkholis, M.Pd. Kepala PSGA digawangi oleh Zumaroh, M.E.Sy., Kepala Pusat Studi Moderasi Beragama (PSMB) dijabat oleh Siti Mustagfiroh, M.Phil. Sedangkan untuk Kepala Pusat Pengembangan Satndar Mutu Kembali dijabat oleh Dr. Aria Septi Anggaira, S.Pd., M.Pd. yang sempat menjabat sebagai Ketua Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) pada Prgram Pasacasarjana.

Sedangkan pergantian juga dilakukan untuk beberapa ketua dan sekretaris Prodi baik pada proram Strata satu (S1) maupun Strata Dua (S2), Ketua Halal Center, serta pengelola rumah jurnal.

Berikut daftar pejabat baru reshuffle Perangkat Akademik IAIN Metro yang dilakukan pada Jum’at, 13 Desember 2023 :

Dr. Suhairi, S.Ag., MH. Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan
Hj. Akla, M.Pd. Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan
Ahmad Zumaro, MA. Wakil Direktur PPs.
Dri Santoso Dekan Fakultas Syari’ah
Siti Zulaikha, S.Ag., M.H. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Aguswan Kh. Umam, S.Ag, MA. Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah
Elfa Murdiana, M.Hum. Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan Fakultas Syari’ah
Nety Hermawati, MA, MH. Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Fakultas Syari’ah
Nizaruddin, S.Ag, MH. Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Syari’ah
Mufliha Wijayati, M.S.I. Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Dharma Setyawan, M.A. Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Dedi Irwansyah, M.Hum Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah
Buyung Syukron, S.Ag. SS, MA. Ketua Lembaga Penjaminan Mutu
Imam Mustofa, MSI. Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat
Widhiya Ninsiana, M.Hum. Kepala Satuan Pengawas Internal
Saipullah, M.A. Mudir (Kepala) Mah’ad Al Jami’ah
Ahmad Muzakki, M.Pd.I Sekretasris Lembaga Penjaminan Mutu
Ahmad Syarifudin, M.H. Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat
Nurkholis, M.Pd. Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan
Zumaroh, M.E.Sy. Kepala Pusat Studi Gender dan Anak
Siti Mustaghfiroh, M.Phil. Kepala Pusat Studi Moderasi Beragama
Aria Septi Anggaira, S.Pd., M.Pd. Kepala Pusat Pengembangan Mutu
Sri Andri Astuti, M.Ag. Ketua Prodi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana
Sutarjo, M.Pd. Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Arab Pascasrajana
Dian Ekawati, M.Pd. Ketua Prodi Pendidikan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Siti Annisah, M.Pd. Ketua Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Moelki Fahmi Ardliansyah, M.H. Ketua Prodi Hukum Ekonomi Syari’ah (Muamalah) Fakultas Syari’ah
Hendra Irawan, M.H. Ketua Prodi Hukum Tatanegara (Siyasah Syar’iyah) Fakultas Syari’ah
Yudhistira Ardana, M.E.K. Ketua Prodi Ekonomi Syari’ah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Nurul Afifah, M.Pd.I. Ketua Prodi Pendidikan Profesi Guru
Wardani, M.Pd. Sekretaris Prodi Pendidikan Profesi Guru
Choirul Salim, S.H.I., M.H. Sekretaris Prodi Hukum Tatanegara (Siyasah Syar’iyah) Fakultas Syari’ah
Muhammad Mujib Baidhowi, M.E. Ketua Metro Halal Center
Abdul Latif, M.A. Katua Tim Pengelola Jurnal
Agus Trioni Nawa, M.Pd Pengelola Akademik
Ning Setiowati, M.Pd Pengelola Jurnal FTIK
Sakirman, S.H.I, M.S.I Pengelola Jurnal PPs
Taufid Hidayat Nazar, Lc., M.H. Pengelola Jurnal Fakultas Syri’ah
Karsiwan, M.Pd.

BACA JUGA :   Wahdi : Korpri dan PGRI Perekat serta Pemersatu Bangsa

Para pejabat yang telah dilantik selanjutnya melakukan penandatanganan sumpah jabatan yang disaksikan oleh Prof. Dr. Hj. Enizar, M.Ag. dan Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan Dr. Ahmad Supardi, M.A. yang dilanjutkan dengan penyerahan Surat Keputusan.

Pada pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pejabat baru yang merupakan perengkat akademik rektor IAIN Metro, dalam sambutannnya Rektor IAIN Metro agar tugas tambahan yang diberikan hendaknya dapat dilaksanakan dengan baik.

“Tahun 2023 kedepan ini tugas-tugas yang diamanahkan dapat terwujud secara baik secara maksimal. Apa yang menjadi yang sudah dilaksanakan oleh pejabat sebelumnya tentunya menjadi catatan bagi Bapak dan Ibu sesuai tugas masing-masing. untuk mewujudkan alih status IAIN Metro menuju Universitas atau UIN” terang Rektor.

“Saya ucapkan selamat kepada para pejabat yang baru saja dilantik, saya berharap untuk para pejabat yang mendapat tugas tambahan dapat melaksanakan tugas dengan baik yaitu membawa lembaga kita ini semakin maju. Kita harus bersinergi untuk saling mengisi dan saling memberi sebagai sebuah sistem, untuk saling mengisi, komunikasi dan konsultasi,” Sambungnya.

Usai melakukan sambutan kegiatan dilanjutkan dengan memberikan ucapan selamat kepada para pejabat yang baru dilantik dan diikuti oleh para tamu undangan yang merupakan sivitas akademika IAIN Metro. (fani)