Harga Singkong Anjlok, DPRD Lampung Bereaksi

1,282 views

LAMPUNG- Harga singkong anjlok, Komisi 2 DPRD Lampung menemui Manajemen PT Sungai Budi Group di Bandar Lampung, Kamis (3/11/2022).

Sekretaris Komisi 2 DPRD Provinsi Lampung, Lesty Putri Utami mengatakan rombongan Komisi 2 dipimpin ketuanya Siti Rahmah.

Menurut politisi PDI Perjuangan itu, pada pertemuan tersebut pihaknya menyampaikan keluhan petani singkong di berbagai daerah Lampung mengenai harga dan persentase potongan/rafaksi yang sampai 29 persen.

“Semua harga bahan pokok naik, begitu juga dengan pupuk. Sementara harga singkong menurun. Ditambah lagi dengan potongan yang tinggi. Ini membuat petani mengeluh,” ujarnya

Untuk itu, lanjutnya, Komisi 2 DPRD Lampung mengagendakan pemanggilan terhadap beberapa perusahaan singkong, untuk duduk bersama mencari solusi..

“Perusahaan akan kita datangi atau panggil, dan saya harap semua elemen yang terkait, baik Perintah Provinsi dan pihak perusahaan yang ada di Lampung bisa duduk bersama untuk mencari solusi keluhan petani singkong,” ucapnya.

Lebih lanjut Lesty menjelaskan pabrik atau lapak menerima singkong dari petani hanya Rp1.100-1.245/kg dengan potongan mencapai 29%.
“Kalau harga singkong turun, dan potongannya relatif besar, petani sangat merugi. Untuk membiayai kebutuhan sehari-hari, dan menghidupi serta biaya sekolah anaknya pun tidak bisa.

Lesty juga mempertanyakan besarnya potong tersebut. “Kenapa potongan bisa sebesar itu, ada kendala apa. Ini harus di jelaskan kepada masyarakat,” kata dia. (*)

BACA JUGA :   Midi Iswanto, Politisi yang Belajar dari Sepak Bola