Pilkades Serentak Pesawaran, 1 Bacalon Gugur!

1,959 views

PESAWARAN- Dari 92  berkas Bakal Calon Kepala Desa di 27 desa yang akan menggelar Pilkades serentak Kabupaten Pesawaran, 1 Bacalon kades dari Desa Tri Rahayu, Negeri Katon, atas nama Julianto dinyatakan gugur, karena tidak melengkapi berkas pencalonannya.

Diketahui, Kabupaten Pesawaran bakal menggelar Pilkades serentak pada 17 Desember 2022 mendatang.

” Ya, satu calon atas nama,Juliyanto, kita anulir pencalonannya, karena tidak memenuhi syarat kelengkapan berkas sebagai Bacades,” terang Kadis PMD Pesawaran, Zuriadi, Usai memimpin Panitia verifikasi berkas Bacalon kades, di Sekretariat Pemkab setempat, Kamis ( 13/10/22 )

” Habis, sepertinya dia (Julianto) memang tidak serius dengan pencalonannya. Masak dari awal, panitia hanya disodorkan  namanya saja sebagai calon tanpa dilengkapi berkas syarat pencalonan,” sambungnya.

Dengan di anulirnya satu calon, maka Bacades Pesawaran, yang akan mengikuti kontestasi Pilkades serentak tinggal menyisakan 91 calon saja.

Sesuai tahapannya, berkas ke 91 bacades yang dinyatakan lolos verifikasi kabupaten tersebut, akan dikembalikan lagi kepada Panitia Pilkades di desa masing- masing, untuk ditetapkan sebagai calon kades yang akan berkompetisi pada Pilkades serentak mendatang.

” Kita berharap Pilkades nanti, tetap terlaksana dan berjalan dalam situasi kondusif, seperti Pilkades, yang sudah- sudah. Dan siapa pun calon yang terpilih nantinya, sudah merupakan harapan dan keinginan dari warga desa masing- masing,” harapnya.

Untuk diketahui dari  27 desa dan 11 Kecamatan yang ada di kabupaten setempat, hanya Kecamatan Tegineneng saja yang desanya tidak ikut menggelar Pilkades serentak.

10 Kecamatan yang menggelar Pilkades serentak antara lain, Kecamatan Gedongtataan, ada 2 desa, yakni Desa Karang Anyar dan Desa Way Layap, Kecamatan Way Lima, 3 desa, Desa Padang Manis, Tanjung Agung dan Desa Paguyuban. Kecamatan Kedondong, Desa Sukamaju dan Desa Way Kepayang.

BACA JUGA :   Bahas Soal Ratusan Hektar Lahan di Desa Taman Sari, Bupati Pesawaran Rapat Bareng Forkopimda

Sedang, Kecamatan Teluk Pandan, hanya Desa Sukajaya Lempasing, Kecamatan Padang Cermin, Desa Durian, Kecamatan Way Ratay, 2 desa, Desa Wates dan Desa Sumberjaya, Kecamatan Marga Punduh, Desa Kekatang dan Desa Pekon Ampai, Kecamatan Punduh Pedada, Desa Sukamaju, Pulau Legundi dan Desa Bangun Rejo.

Selanjutnya Kecamatan Negeri Katon, merupakan kecamatan penyumbang desa terbanyak yang akan melaksanakan Pilkades. Ada  8 desa, yang siap menggelar diantaranya, Desa Sidomulyo, Desa Ponco Kresno, Tanjung Rejo, Bangun Dari, Lumbir Rejo, Kalirejo, Tresnomaju dan Desa Tri Rahayu. (rid/dit)