Bupati Pesawaran Pimpin Apel Siaga Bencana 2022

1,336 views

PESAWARAN- Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona Pimpin Apel Siaga Bencana Tahun 2022, yang di laksanakan di Lapangan Halaman Pemkab Pesawaran, Rabu, (12/10/22)

Ratusan personil, terdiri dari TNI/Polri, BPBD, Satpol PP Damkar, Dishub, ORARI, hingga relawan mengikuti Apel Siaga tersebut.

Dendi Ramadhona, dalam sambutannya untuk menjadikan apel siaga sebagai momen penting, dalam upaya pencegahan dan kesiapsiagaan untuk menghadapi terjadinya bencana, yang dapat terjadi sewaktu- waktu, tanpa dapat diprediksi sebelumnya.

Hal ini mengingat bahwa wilayah Kabupaten Pesawaran merupakan salah satu wilayah yang memiliki potensi bencana yang cukup tinggi, dimana secara geografis wilayah Kabupaten Pesawaran terdiri dari pesisir pulau, dan pantai, daerah pegunungan,daerah hutan, dan daerah sungai yang memiliki aliran sungai yang cukup banyak, yang kesemuanya ini dapat menjadi potensi ancaman terjadinya bencana alam di kabupate setempat.

“ Melihat potensi ancaman, kerentanan, dan kapasitas masyarakat terhadap bencana, maka apel siaga bencana ini sangat diperlukan untuk mengukur kesiapan dan antisipasi kita terhadap bencana,  yang dapat terjadi secara mendadak tanpa dapat diprediksi sebelumnya,” ucap Dendi

” Untuk itu, kesiapan personil dan  ketersediaan sarana dan prasarana penunjang dalam mengatasi bencana, harus selalu terjaga dan dipersiapkan se dini mungkin,” sambungnya.

Untuk dipahami ujar Dendi, bahwa  penaggulangan  dalam mengatasi terjadinya bencana bukan semata sebagai tanggung jawab pada pemerintah saja, tapi sudah merupakan tanggung jawab bersama dengan masyarakat dan semua sektor kehidupan, termasuk dunia usaha.

“ Jadi paradigma penanggulangan bencana saat ini,  harus mengedepankan upaya preventif atau pencegahan, disamping kesiapsiagaan petsonil, yang harus selalu responsif,” ujarnya.

”  Kita harapkan  paradigma prefentif ini harus menjadi cara fikir dan cara tindak kita dalam upaya penanggulangan bencana kita kedepan,” harapnya.

BACA JUGA :   PDIP Pesawaran Memanas! M.Nasir Dicopot Dari Kursi Ketua DPC PDIP

Usai apel, dilanjutkan dengan pengecekan alat dan kendaraan yang dipimpin oleh Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, diikuti Kapolres Pesawaran AKBP Pratomo Widodo dan tamu undangan. (rid/feb)