33 Pejabat Pesawaran Ikuti Uji Kompetensi

1,524 views

PESAWARAN- Sebanyak 33 Pejabat eselon II di lingkup Pemkab Pesawaran, terdata menjadi peserta untuk mengikuti Tes Uji Kompetensi yang akan dilakukan tim asesor selaku penguji.

Kegiatan yang telah mengantongi izin dari Kemendagri dan KSN ini, akan dilaksanakan selama 3 hari, mulai Besok  Rabu (9-11 Juni 2021, di Bukit Randu Resort, Bandarlampung.

Sekda Pesawaran, Kesuma Dewangsa mengatakan, kegiatan uji kompetensi, merupakan bentuk penilaian dari panitia penguji, guna penataan, yang akan diterapkan kepada para peserta, yakni para pejabat eselon II aktif, mulai dari  dari pejabat, yang telah menjabat selama 2 tahun keatas di instansinya masing-masing.

“Jadi semua pejabat eselon II, yang telah 2 tahun menjabat, diwajibkan untuk mengikuti tes uji kompetensi ini, kalau tidak ya otomatis dinyatakan gugur,” ucap Kesuma, Selasa (8/6/21)

” Selain tes tertulis dan wawancara, juga peserta diwajibkan membuat makalah, Nah makalah ini harus bisa dipertanggungjawabkannya, didepan tim penguji ,” imbuhnya.

Untuk dipahami, sambungnya, kegiatan ini bukan lelang jabatan, tapi sebatas untuk melakukan penataan terhadap pejabat, yang layak dan cocok dengan kemampuan serta pengetahuannya.

” Jadi kegiatan ini, hanya untuk mencari formula yang tepat bagi sosok pejabat bersangkutan, Kalo misal, di dinas ini gak cocok, ya mungkin dari hasil nilainya, cocoknya di pada dinas lainnya, itu saja,” jelasnya.

Sebab, lanjutnya, kegiatan dengan panitia penguji terdiri dari unsur akademisi perguruan tinggi, Inspektorat provinsi  dan Pemkab Pesawaran.

“Kriteria pejabat untuk dipertahankan, tentunya yang kinerjanya selama memimpin punya kemampuan, cakap, loyal pada pimpinan, dapat menjabarkan dan melaksanakan visi misi Bupati dan memiliki gagasan (inovasi) produktif dalam meningkatkan pendapatan dan kemajuan institusi pimpinannya,” terangnya.

“Tapi kalau selama menjabat, bisanya cuma ngabisin anggaran saja, tidak bisa mencari pendapatan untuk peningkatan PAD, ya kalo buat ngabisin anggaran, ya gak perlu ilmunya tinggi- tinggi, anak SMA juga,” ucap Kesuma.(rid/dit)

BACA JUGA :   Inspektorat Pesawaran Panggil Kades Tanjung Rejo