Isi Kuliah Subuh di Masjid Taqwa, Walikota Metro Ingatkan Covid-19 ke Jamaah

269 views

METRO- Walikota Metro Wahdi Siradjuddin isi kuliah subuh dan dzuhur di Masjid Agung Taqwa Kota Metro di hari kedua Ramadhan.

Saat memberikan “wejangan” Wahdi menyampaikan beberapa hal mengenai pandangan agama Islam tentang virus Covid-19.

Menurut Wahdi, Covid-19 juga merupakan makhluk ciptaan dari Allah SWT, yang saat ini menguji umat manusia dengan sangat beratnya. Namun syariat Islam juga sudah mengajarkan tentang cara mencegah berbagai macam bakteri maupun virus, yakni dengan bersuci.

“Allah SWT tidak akan memberikan ujian diluar batas kemampuan umatnya, syariat Islam sudah mengajarkan kita tentang bersuci, menjauhi diri dari bakteri maupun virus. Kita sesungguhnya dianjurkan bersuci selama lima kali sehari dalam berwudhu, banyak sekali pelajaran dalam Islam yang bisa diterapkan untuk mencegah Covid-19 ini,” kata Wahdi (14/4/21).

Islam juga memiliki banyak sekali ilmuan salah satunya adalah Ibnu Sina, bapak ilmu kedokteran yang memiliki banyak ilmu pengetahuan tentang kesehatan bernafaskan keislaman.

“Tentang bersuci sudah dijelaskan secara gamblang dalam agama Islam. Bahkan ahli kesehatan kedokteran islam Ibnu Sina menjelaskan bahwa kepanikan adalah suatu penyakit, ketenangan adalah suatu obat dan kesabaran adalah suatu permulaan dari kesembuhan,” tandasnya. Pengarang buku fikih Indonesia tertua yakni Prof.H.Sulaiman Rasyid juga mengajarkan dalam ketenangan adalah obat sehingga harus hilangkan kesombongan dan keangkuhan kita,” katanya.

“Dalam Surat Al Isro 82, bahwa memahami Al Quran dan membaca dengan baik, dengan tartil maka hati akan menjadi nyaman, pendekatan yang terbaik adalah dengan membaca Al Quran. Ketika terbentuk kesehatan jasmani dan rohani maka akan terbentuk kesehatan sosial, nilai taawuz kita di situ, dalam Al Maidah ayat 2, akan terlihat pada individu kita, mereka yang sehat, adalah yang sosialnya juga sehat,” sampainya.

Untuk itu, lanjut Wahdi, untuk menghadapi Covid-19 sudah semestinya semua masyarakat mematuhi dan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Dimulai sejak kita bangun tidur, diminta untuk cuci tangan, dan kata-kata yang baik. Selain itu, kepada para jamaah dan semuanya untuk tetap menerapkan 5M agar Kota Metro yang kita cintai ini dapat turun menjadi zona kuning,”pungkasnya. (rls/dit)