81 KK di Kampung Bumi Baru Dapat BLT Dana Desa

234 views

WAY KANAN- Pemerintah Kampung Bumi Baru, Kecamatan Blambangan Umpu, Kabupaten Way Kanan merealisasikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Tahap Pertama kepada 81 Kepala Keluarga.

Penyaluran BLT untuk Bulan April ini berlangsung selama dua hari yakni pada Minggu-Senin, 10-11 Mei 2020 di Balai Kampung Bumi Baru kemarin.

Kepala Kampung Bumi Baru, Abdullah Candra Kurniawan mengatakan pendataan penyaluran BLT tersebut sudah melalui proses Musyawarah dan di pilih sesuai kriteria. Selain BLT Dana Desa, sebagian warganya juga terdata mendapatkan Bantuan Sosial lainnya seperti, PKH, BPNT, BST maupun Bantuan melalui Program KKS.

“Total KK Bumi Baru ada 1071 KK. Tapi yang dapat Bantuan Sosial saat ini hanya 414 KK. Dengan Rincian Bantuan PKH dan BPNT 232 KK, BLT Dana Desa 81 KK, BST Kemensos 78 KK dan Sembako KKS sebanyak 23 KK. Dan saat ini semua jenis Bantuan yang di berikan Pemerintah sudah mulai bergulir,” kata Candra kepada awak media saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Selasa (12/05/2020).

Candra juga menjelaskan, dengan demikian dari 1071 KK yang ada di Kampungnya, tersisa 654 KK yang belum tersentuh Bantuan. Namun, saat ini Pihaknya sedang berupaya mengusulkan Bantuan UMKM sebanyak 130 KK ditambah Usulan BLT dan Sembako APBD 224 KK.

“Kan baru 414 KK yang sudah jelas Dapat Bantuan. Sekarang kami lagi Upaya mengusulkan 354 KK lagi untuk mendapatkan Bantuan UMKM dan BLT Sembako dari APBD Pemkab Way Kanan. Hanya Ini upaya upaya yang bisa kami lakukan, kalaupun masih ada warga yang belum terbantu kami mohon maaf,” jelasnya.

Atas nama warga Bumi Baru, Candra juga menyampaikan terimakasih kepada pemerintah yang telah memberikan kebijakan untuk membantu masyarakat kecil dalam situasi pandemi Covid-19.

BACA JUGA :   Polres Way Kanan Gelae Pra Operasi Keselamatan Krakatau 2020

“Bantuan sosial ini sangat bermanfaat untuk warga apalagi dalam situasi seperti ini. Oleh karena itu saya atas nama warga menyampaikan terimakasih kepada pemerintah atas kebijakankebijakan yang telah di berikan. Terimakasih juga saya ucapkan atas semangat kerja keras sekdes, BPK, kadus, RT, dan Linmas Bumi Baru yang telah berperan aktif dalam penanggulangan Covid-19 ini. Semoga situasi ini semakin membaik dan kita semua dapat terhindar dari Wabah Covid-19 ini,”pungkasnya.

Diketahui, dalam penyaluran BLT Dana Desa untuk Bulan April tersebut, Pemerintah Kampung Bumi Baru untuk sementara memakai dana talangan mengingat Pencairan Dana Desa tahap awal sebesar 40 persen sudah lebih dulu direalisasikan ke Pembangunan Infrastruktur. (gun/dit).