Banjir Pesawaran, Dendi Janji Kirim Bantuan

362 views

PESAWARAN – Hujan lebat yang mengguyur Pesawaran pada senin malam (30/3/20) lalu mengakibatkan sungai Way Sabu meluap. Akibatnya, ruas jalan provinsi longsor dan merendam sekitar 135 rumah warga, setinggi 1 meter, yang berada Dusun Way Sabu dan Margodalom, Desa Batu Menyan, Teluk Pandan.

Banjir huga mengakibatkan 1 rumah warga hanyut.

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona bersama anggota DPRD Pesawaran Muzakar serta didampingi Kadis PUPR Fikri, Kabag Protokol Jayadi Yasa dan Camat Teluk Pandan, Zulkifli Nuh meninjau langsung warga di Dusun Way Sabu, Desa Batu Menyan, Kecamatan Teluk Pandan yang terdampak banjir bandang (31/3/20).

Saat itu, Dendi berjanji akan segera menurunkan bantuan untuk membantu warga yang terdampak.

Kepala Desa Batu Menyan, Jamaluddin menuturkan, curah hujan yang tinggi pada Senin malam mengkibatkan ratusan rumah warganya yang berada di Dusun Sabu dan Margo Dalom langsung terendam air.

” Setahu saya, banjir kali ini, paling besar terjadi selama ini. Hujan deras dari jam 16. 00 wib sampai ba’da magrib, berakibat air secara tiba-datang dan langsung menggenangi rumah warga selama kurang lebih 4 jam,” tutur Jamaludin, Selasa (31/03/20)

Sementara itu Dendi berserta rombongan, usai meninjau warga yang terdampak banjir di Desa Batu Menyan, bersama Kadis PU Provinsi Lampung, Mulyadi Irsan, Assisten 1 Setkab Pesawaran dan Kadis PUPR Kabupaten Pesawaran, Fikri dan Camat Padangcermin Darsoyo langsung meninjau jalan longsor di Pematang Liang Kecamatan Padangcermin akibat tergerus air.

Akibat longsor di jalan Pematang Liang tersebut, jalan provinsi ini tertutup tanah akibat longsor di tiga titik. Selain itu ada beberapa tiang jaringan PLN pun patah dan roboh akibat longsor dan tertimpa pohon. Hal ini mengakibatkan lalu-lintas sempat terputus, namun setelah di turunkan alat berat, lalu-lintas ari dua arah kembali normal.

BACA JUGA :   Kok Kecamatan Teluk Pandan Zona Merah Covid-19 Terus Sih? Ini Penyebabnya...

Diketahui, sebelum datangnya alat berat, warga dan anggota Brigif-4 Marinir/BS, Polsek dan Koramil saling bahu membahu untuk menyingkirkan sedimen dan tanah yang menutupi badan jalan (rid/dit)