Ketua KPU RI Klaim 270 Daerah Siap Laksanakan Pilkada Serentak 2020

269 views

JAWA TIMUR- KPU RI nyatakan 270 wilayah di Indonesia sudah siap laksanakan pilkada serentak pada 23 September 2020 mendatang.

“Ada tiga yang harus disiapkan jelang pilkada hingga saat ini yakni regulasi, sumber daya manusia (SDM), dan anggaran,” ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman.usai menjadi pembicara dalam sebuah diskusi di Universitas Jember, Jawa Timur, Sabtu (7/3/20).

Menurutnya regulasi sudah selesai dilakukan oleh KPU RI, kemudian untuk sumber daya manusia di 270 kabupaten/kota yang menggelar pilkada dipastikan tidak ada masalah dan hanya satu hingga dua daerah yang tidak memiliki kepala sub bagian atau sekretariat lainnya, namun secara umum tidak menjadi kendala dalam mempersiapkan pilkada di daerah setempat.

“Selain itu, kami juga memastikan bahwa anggaran pilkada di 270 daerah sudah siap dan seluruhnya sudah menandatangani naskah hibah perjanjian daerah (NPHD), bahkan sebagian besar anggarannya sudah dicairkan pada tahun 2019,” tuturnya.

Kendati demikian, lanjutnya, ada beberapa daerah yang terlambat mencairkan anggarannya pada tahun 2020, namun pihaknya tidak tinggal diam dan melakukan supervisi atau kunjungan ke daerah tersebut, sehingga akhirnya anggaran itu bisa dicairkan.

“Ada satu daerah di Papua yang sangat terlambat mencairkan anggaran pilkada yakni di Waropen, Papua, namun setelah kami kunjungan kesana, akhirnya dicairkan,” katanya, dilansir dari Antara.

Arief mengatakan pilkada serentak yang digelar di 270 daerah sudah siap berdasarkan tiga hal tersebut, sehingga tahapan selanjutnya adalah rekrutmen panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) yang sejauh ini tidak memiliki kendala.

“PPK dan PPS sudah akan bekerja dalam waktu dekat seperti melakukan pemutakhiran data pemilih, kemudian melakukan verifikasi faktual terhadap dukungan calon perseorangan,” pungkasnya. (ant/dim)

BACA JUGA :   KUR BRI 2023 Sudah Dibuka, Simak Syarat dan Ketentuannya!