Panic Buying Terjadi, Sandiaga: Ada Ketidakpastian

235 views

JAKARTA- Panic buying yang dilakukan sebagian masyarakat menyikapi masuknya virus corna di Indonesia dianggap Sandiaga Salahudin Uni sebagai tindakan yang rasional. Ia menganggap bahwa terjadinya panic buying di tengah masyarakat lantaran belum terkoneksinya komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat.

“Ada ketidakpastian, kalau tidak dikomunikasikan dengan baik, pasti ada kecemasan yang menimbulkan reaksi yang sangat rasional, karena ada ketidakpastian, mencari kepastian sendiri,” kata Sandiaga dalam diskusi di kawasan Senayan, Jakarta, Sabtu (7/3/20).

Belum lagi perkembangan teknologi yang pesat sehingga bisa saja masyarakat mendapatkan informasi yang kurang tepat dari media social sehingga memicu melakukan panic buying.

“Saya pernah di pemerintahan, tugas pemerintah memberikan kepastian, rumusnya pasokan cukup aman. Jadi jangan khawatir bahan-bahan yang menjadi kebutuhan sehari-hari langka,” kata Sandi.

Ia menambahkan penting juga dipastikan jalur distribusi sederhana dan tak berbelit-belit. Sehingga dipastikan harga terjangkau. (viv/dim)

BACA JUGA :   Sekdaprov Lampung Perkenalkan Digital Banking