Banyak Lapora Terkait Dugaan Penyelewengan Dana Desa, Inspektur Pesawaran Gerah Setengah Mati

270 views

Pesawaran- Inspektorat Kabupaten Pesawaran gerah atas maraknya informasi dan laporan elemen masyarakat yang masuk, terkait adanya dugaan penyimpangan atas Dana Desa ( DD ) yang dilakukan aparatur desa setempat.

” Sepertinya kita sudah tidak kurang- kurang melakukan pembinaan kepada semua aparat desa. Agar berhati- hati dalam mengelola uang rakyat tersebut,” kata Sekretaris Inspektorat, Aseva, Senin (24/2/20).

Sebab sambung Aseva, sesuai PP No 12 Tahun 2020 tentang Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Pihaknya telah berupaya seoptimal mungkin menekan agar aparat desa tidak atau mencoba untuk melakukan penyeleeengan terhadap dana tersebut.

“Mengacu pada PP itu. Selaku pembina dan pengawas ASN, kita sudah berulang kali melakukan pembinaan dalam upaya pencegahan melalui sosialisasi baik langsung atau tidak langsung terhadap aparat desa. Tujuannya gak lain, agar dalam mengelola DD aparat tidak keluar dari aturan yang telah ditetapkan. Itu dulu terpenting yang kita lakukan,” ungkapnya.

Terhadap informasi maraknya aparat desa melakukan penyimpangan DD, ia menilai faktor Sumber Daya Manusia ( SDM ) aparat desa sangat dominan terhadap terjadinya penyimpangan disamping subjektivitas dari aparat desa itu sendiri, yang memang cenderung menyimpang.

“Kita lihat, semoga saja gak salah. Tingkat kelulusan pendidikan para kades kita disini kebanyakan lulusan SMA sederajad kebawah, bahkan ada yang lulus melalui program paket. Ini merupakan faktor yang sangat berpotensi berprilaku menyimpang. Ditambah lagi sifat dan kebiasan aparat yang buruk. Jadi deh,” pungkasnya. (rid/dit)

BACA JUGA :   LMP Pesawaran Dukung Dendi-Marzuki di Pilkada 2020